Perhutani dan PWI Jatim Bersinergi Melestarikan Lingkungan

24

SURABAYA, PERHUTANI, (14/9/2016) | Media Gathering dan Diskusi Publik untuk Melestarikan Lingkungan diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan dukungan dari Perum Perhutani dan Semen Indonesia, bertempat di Wisma Puspa, Sarangan, Jawa Timur (14/9).

Ketua PWI Jawa Timur, H. Ahmad Munir menyatakan kegembiraannya dengan berlangsungnya acara ini. Beliau mengajak segenap insan pers untuk tidak sekedar membuat pemberitaan akan tetapi juga yang lebih penting adalah mengedukasi masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan dengan aksi nyata.

Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Moh. Miyadi menyatakan bahwa kegiatan ini mengingatkan semua stakeholder tentang berbagai Undang-undang yang mengatur lingkungan hidup, yang tidak akan banyak berarti apabila tidak didukung dengan kesadaran masyarakat untuk pelestarian lingkungan.

“Berbagai lokasi ex penambangan juga harus direklamasi. Sinergi antara Perhutani dengan Semen Indonesia di Tuban untuk melakukan reklamasi dan reboisasi terhadap lokasi ex tambang merupakan suatu hal yang sangat positif dan perlu diapresiasi”, ungkapnya.

Menanggapi tentang permasalahan kelestarian lingkungan, Kepala Perum Perhutani Divisi Regional (Kadivre) Jawa Timur, Andi Purwadi menyodorkan pola Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) yang sudah dimodifikasi menyesuaikan situasi daerah setempat, seperti Silvofishery, pemeliharaan bebek dibawah tegakan, plong-plongan tanaman polowijo dan MR (Management Regime).

“Upaya pelestarian lingkungan akan lebih mudah dilaksanakan apabila masyarakat dilibatkan secara langsung dalam pengelolaan hutan dan lingkungan selain itu mereka juga mendapatkan manfaat ekonomi”, tambahnya.

Source Perhutani dan PWI Jatim Bersinergi Melestarikan Lingkungan

Leave A Reply

Your email address will not be published.