Perhutani dan Pemda Jabar Tanam Seribu Pohon

16

KUNINGAN, PERHUTANI (25/11/2016) | Perum Perhutani diwakili Sekertaris Divisi Regional Jabar Banten Ananda Artono, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Bupati Kuningan Acep Purnama, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Budi Susatijo, Ditjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDAS HL), FKPD Kabupaten Kuningan dan masyarakat melakukan penanaman seribu pohon jenis sapu tangan di Kebun Raya Kuningan (KRK) dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional tahun 2016 pada Kamis (24/11).

Bupati Kuningan Acep Purnama menyatakan Kabupaten Kuningan sebagai tuan rumah Hari Penanaman Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional di Jawa Barat tahun ini, dalam dua tahun sudah menanam dua juta pohon lebih dan pada 2018 akan mencapai zero lahan kritis yang saat ini tercatat sekitar 1.381 ha.

Menurut Dedy Mizwar Kabupaten Kuningan sebagai daerah hulu telah banyak memberikan manfaat untuk daerah-daerah sekitarnya berupa memberikan pasokan air bersih. Sudah selayaknya daerah yang mendapatkan manfaat dari hutan Kuningan untuk berpartisipasi memelihara dan menjaga kawasan hutan di Kuningan sebagai kawasan resapan air. Kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia kali ini diharapkan akan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan alam sekitar. Sejumlah bencana yang menimpa beberapa daerah di Jawa Barat akhir-akhir ini patut menjadi bahan pemikiran seluruh masyarakat atas perilaku terhadap alam selama ini.

“Oleh karena itu stop deforestrasi. Dengan menanam hari ini maka kita sudah berinvestasi untuk kelangsungan hidup anak cucu kita. Semakin banyak pohon yang kita tabung, maka semakin besar warisan yang bisa dipetik generasi mendatang,” kata Deddy

Dedy Mizwar juga menyerahkan penghargaan pemenang lomba penanaman Satu milyar Pohon kepada Bupati Kuningan, Bupati Cianjur dan Bupati Sukabumi serta Walikota Cimahi, Walikota Cirebon dan Walikota Bandung (Kom-PHT/Kng/Isp)

Source Perhutani dan Pemda Jabar Tanam Seribu Pohon

Leave A Reply

Your email address will not be published.