Perhutani Ciamis Verifikasi Lembaga Penerima Sharing

16

CIAMIS, PERHUTANI (30/4/2015) – “Kucuran dana sharing kayu yang diberikan perhutani kepada masyarakat melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) merupakan buah dari kepedulian masyarakat kepada hutan Perhutani dalam hal ikut bekerja sama menjaga keberhasilan tanaman, pemeliharaan, keamanan dan produksi”, demikian disampaikan Administratur Perhutani Ciamis, Bambang Juriyanto dalam acara Sosialisasi dan Verifikasi Dana Sharing di Aula Kantor KPH Ciamis.

Administratur KPH Ciamis, Bambang Juriyanto juga mengajak segenap anggota LMDH agar meningkatkan peran serta LMDH dalam mengelola hutan secara lestari agar hutannya hijau masyarakatnya sejahtera.

“Jangan sampai cara pengelolaannya mengutamakan tanaman sendiri tapi tanaman kehutanannya tidak di perhatikan, untuk itu marilah hutan ini kita kelola bersama-sama biar anak cucu kita juga ikut menuai hasilnya” tegasnya.

Kepala Biro Produksi Divisi Regional Jawa Barat dan Banten, Dadang Pratikto, menyampaikan bahwa dalam waktu dekat Perhutani Ciamis akan memberikan dana sharing produksi tahun 2013 kepada 21 LMDH dari 108 LMDH yang ada di KPH Ciamis. Sharing hasil tebangan kayu tahun 2013 tersebut, merupakan bukti kepedulian Perum Perhutani, untuk ikut mensejahterakan masyarakat sekitar kawasan hutan.

Dadang juga menyampaikan bahwa nilai bagi hasil produksi kayu sebesar ini merupakan hasil jangka panjang, hal ini karena diserahkan setiap selesai tebang habis (akhir daur). Sebenarnya hasil jangka pendek dan menengahnya, bisa didapat oleh LMDH dari pemanfaatan lahan kawasan hutan pada lokasi yang dikerjasamakan, seperti halnya untuk waktu jangka pendek yang didapat oleh masyarakat desa hutan (MDH) dengan memanfaatkan tanaman palawija pada lokasi tumpangsari, jangka menengah didapat apabila MDH bisa memanfaatkan lahan di bawah tegakan yang sudah berumur 3 tahun lebih.

Source Perhutani Ciamis Verifikasi Lembaga Penerima Sharing

Leave A Reply

Your email address will not be published.