Perhutani Blitar Hijaukan Hutan Ngrejo Bersama LMDH Sido Rukun

20

BLITAR, PERHUTANI (28/6/2016) | Setelah puluhan tahun tidak berhasil ditamani pohon Jati karena gangguan keamanan yang tinggi, kini lahan kawasan hutan Perhutani Petak 2, 3a, 14b dan 15c wilayah Resort Polisi Hutan (RPH) Ngrejo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Rejotangan, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blitar akan segera hijau dengan tanaman Sengon atas kerjasama Perhutani dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sido Rukun desa Plandirejo.

Administratur Perum Perhutani KPH Blitar Haris Suseno dan Ketua LMDH Sido Rukun Desa Plandirejo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang kerjasama tanaman sengon seluas 24,86 hektar di petak 2, 3a, 14b, 15c RPH Ngrejo, BKPH Rejotangan, KPH Blitar dalam skema Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat disaksikan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Blitar Supandi di Blitar Jumat (24/6).

Perjanjian Kerjasama akan berlaku lima tahun kedepan sejak ditandatangani 24 Juni 2016 dengan sistem sistem bagi hasil senilai masing-masing 50%, dengan input produksi dari Perum Perhutani KPH Blitar menyediakan bibit sengon dan pupuk, sedangkan LMDH Sido Rukun bertanggungjawab terhadap pemeliharaan tanaman dan pengamanan sampai masa panen.

Supandi menyatakan melalui PHBM ini Perum Perhutani KPH Blitar telah membantu masyarakat disekitar kawasan hutan lebih sejahtera, sadar pentingnya hutan dan LMDH Sido Rukun akan menjadi contoh masyarakat sejahtera bagi desa sekitarnya.

“Harapan saya masyarakat Desa Plandirejo mampu memotivasi warga sekitar hutan lainnya untuk ikut melestarikan dan menghijaukan hutan. Sebagai BUMN Perhutani bertanggungjawab menghijauakan kawasan hutan yang dikelola sekaligus peduli kepada warga masyarakat sekitar hutan. LMDH Sido Rukun yang telah menandatangani PKS dengan Perhutani harus bisa membuktikan kepada publik bahwa kerjasamanya akan berhasil dan saya yakin apabila LMDH bekerja baik akan bisa membuktikan itu,” demikian Haris Suseno yang bersiap menuju tempat tugas barunya di KPH Madura.

Source Perhutani Blitar Hijaukan Hutan Ngrejo Bersama LMDH Sido Rukun

Leave A Reply

Your email address will not be published.