Perhutani Bersama LMDH Lestarikan Varietas Bambu dan Aren di Pekalongan

9

PEKALONGAN TIMUR, PERHUTANI (29/7/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Timur bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) terus mengembangkan upaya pelestarian budidaya varietas bambu dan aren di dalam kawasan hutan.

Varietas bambu dengan berbagai jenis seperti bambu petung, bambu apus, bambu hitam, bambu kuning dan lain sebagainya tumbuh dengan luas ratusan hektar di wilayah Bagian Hutan Kesesi sampai wilayah Hutan Doro tepatnya di desa Petungkriyono.

Selain itu, tanaman aren merupakan salah satu komoditas yang dibudidayakan melalui kerjasama Perhutani dengan CV Gerbang Tani serta melibatkan LMDH. Tanaman aren ini ditanam di lokasi Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) di petak 50R Resot Pemangku Hutan (RPH) Kembanglangit Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Bandar (BKPH) sebanyak 4000 plances dan di petak 74 RPH Ngadirejo dan petak 51 RPH Gerlang BKPH Bawang sebanyak 3000 plances.

Administratur KPH Pekalongan Timur, Joko Santoso mengatakan kerjasama yang dilakukan Perhutani dengan stakeholder terkait pengembangkan pelestarian budidaya varietas bambu dan aren merupakan kebijakan yang menguntungkan secara ekologi serta ekonomi.

“Selain manfaat untuk kehidupan manusia dan satwa, bambu dan aren juga memiliki nilai ekonomi seperti untuk membuat perabot rumah tangga, bahan dasar bangunan, bahan makanan dan kerajinan anyaman dan lain sebagainya”, jelas Joko Santoso.

Source Perhutani Bersama LMDH Lestarikan Varietas Bambu dan Aren di Pekalongan

Leave A Reply

Your email address will not be published.