Perhutani Banten Bantu Masyarakat Baduy Luar untuk Sekolah

11

BANTEN, PERHUTANI (21/2/2015) | Perum Perhutani Banten bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak dan Forum Komunikasi Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (FK-PHBM) Kecamatan Cimaria membangun bangunan keaksaraaan fungsional Baduy Luar di wilayah hutan Petak 20a Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cileles Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Rangkasbitung Perhutani Banten, Desa Sudamanik Kecamatan Cimaria Kabupaten Lebak.

Bangunan yang merupakan bantuan Dana Bina Lingkungan Kantor Pusat Perhutani diresmikan oleh Kepala Biro Kelola Sosial Perhutani Kantor Pusat, Purwanto dapat menampung 80 0rang Suku Baduy luar untuk belajar membaca, menulis dan berhitung.

Kepala Biro Kelola Sosial Kantor Pusat Perhutani, Purwanto mengatakan bahwa Perum Perhutani dalam mengelola hutan menggunakan sistem Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) mulai dari persemaian hingga tebangan. “Kegiatan pembangunan fasilitas keaksaraan fungsional ini dibiayai dari Bina Lingkungan dan diharapkan merupakan program yang berkelanjutan, tidak hanya berhenti pada tahun 2014 saja, dengan catatan ada dukungan dari pihak Pemda karena ini merupakan kewajiban kita bersama” harapannya.

Forum Komunikasi Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (FK-PHBM) Kecamatan Cimaria, eman sebagai pelaksana menyatakan bahwa pada tahun 2011 sudah ada kegiatan keaksaraaan fungsional seperti ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak dengan jumlah siswa 20 orang dan dari 20 orang, 18 orang sudah bisa membaca, menulis dan berhitung.

“Untuk tahun 2014 ini merupakan program Perum Perhutani dengan target siswa sebayak 80 orang dan sampai saat ini sudah mendaftar sebanyak 54 calon siswa. Harapannya agar pembelajaran ini bisa diakui oleh pemerintah sebagai program paket A” tambahnya

Source Perhutani Banten Bantu Masyarakat Baduy Luar untuk Sekolah

Leave A Reply

Your email address will not be published.