Perhutani Bandung Selatan Hijaukan Aliran Sungai Das Citarum

6

BANDUNG SELATAN, PERHUTANI (16/12/2015) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Selatan bersama 9 (sembilan) Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Muspika, Dishutbun serta Masyarakat Desa Cihawuk kembali Hijaukan Aliran Sungai Das Citarum dalam Kegiatan Job Training Tanaman menuju Das Citarum Lestari di Desa Cihawuk – Kec Kertasari Kabupaten Bandung.

Lokasi tersebut masuk wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ciparay Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pacet. Areal yang di tanami seluas 166,29 hektar dengan jenis Pinus , Suren yang merupakan endemik pohon Jawa Barat serta Rimba campur.

Kepala Divisi Regional Jabar dan Banten, Elan Barlian menyampaikan bahwa pola Sistim Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) sangat membantu masyarakat sekitar hutan dimana kawasan pertanian yang ada sudah sangat sempit,akan tetapi dalam pelaksanaanya Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat tidak harus dipaksakan berdasarkan jenis tanaman tetapi disesuaikan dengan potensi lokal yang ada di wilayah itu misalkan Hutan Lindung tidak boleh ditanami tanaman pertanian tapi mungkin disitu jasa lingkungan bisa dikembangkan, kami mengharap tidak semata peran Perhutani tetapi peran serta Pemerintah dan Dinas terkait untuk membantu tehnik sipil untuk menjaga dari hal hal yang tidak diinginkan jadi Fungsi lindungnya bisa terpenuhi dan pemanfaatan lahannya bisa optimal.

Administratur Perhutani Bandung Selatan, Bambang T Mulyanto mengatakan bahwa pihaknya membangun sitem pengelolaan hutan bersama masyarakat sebab itu selama ini untuk daerah hulu Citarum yang notabene banyak banyak ditanami tanaman pertanian oleh masyarakat ini ternyata memiliki banyak lahan kosong di bawah tegakan. Untuk Hulu Citarum yang dulu sampai terjadi perambahan sampey 15 ribu hektar itu sudah bias teratasi,sekarang tinggal menyisakan 1.600 hektar yang belum sempurna.

Source Perhutani Bandung Selatan Hijaukan Aliran Sungai Das Citarum

Leave A Reply

Your email address will not be published.