Perhutani Bandung Selatan dan BPDAS-HL Sosialisasi RHL 2019

22

BANDUNG SELATAN, PERHUTANI (21/06/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Selatan bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Citarum-Ciliwung Provinsi Jawa Barat wilayah administrasi Bandung menggelar Sosialisasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) tahun 2019 di Ruang Cantigi Patuha Resort, Ciwidey. Kegiatan dilaksanakan sebagai koordinasi awal untuk penanganan RHL di wilayah Perhutani KPH Bandung Selatan, Kamis (21/06).

Kegiatan ini turut dihadiri Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Forkopimcam Kecamatan Ciwidey, Kecamatan Pasir Jambu, Kecamatan Sindangkerta, dan Kecamatan Rancabali. Kegiatan RHL tahun 2019 KPH Bandung Selatan tersebar di beberapa lokasi, yakni di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tambakruyung Timur, BKPH Ciwidey, BKPH Cililin, BKPH Tambakruyung Barat, BKPH Banjaran, BKPH Pangalengan, dan BKPH Ciparay.

Administratur KPH Bandung Selatan, Teddy Sumarto dalam sambutannya menyampaikan bahwa program RHL dilaksanakan dalam rangka memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan sehingga daya dukung, produktifitas serta perannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga.

“Program RHL merupakan program pemerintah yang harus kita dukung demi terwujudnya hutan lestari, dan harapannya program ini bisa terlaksana dengan baik dan sukses sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari hutan,” jelas Tedy.

Kepala BPDAS-HL Citarum-Ciliwung, yang diwakili oleh Junaidiyono menjelaskan bahwa kegiatan RHL yang dilaksanakan tahun 2019 melalui program Quick Win sehingga fungsi ekologisnya bisa kembali, salah satunya karena adanya bencana banjir dan longsor.

“Kita harapkan lahan kritisnya teratasi, fungsi ekonomis seperti pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan meningkat, dan itu semua harus didukung dari semua pihak,” tegasnya.

Source Perhutani Bandung Selatan dan BPDAS-HL Sosialisasi RHL 2019

Leave A Reply

Your email address will not be published.