Perhutani Ajak Masyarakat Desa Bondowoso Tanam Bambu

20

BONDOWOSO, PERHUTANI (4/05/2016) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso gandeng 150 orang warga dari Kelompok Tani Bambu Raya penggiat konservasi menanam 3.000 batang bibit bambu di sempadan sungai sepanjang 700 meter di Desa Sulek, Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso, Sabtu pagi (16/04) yang lalu.

Turut serta dalam kegiatan penghijauan tersebut Lembaga Pemberdayaan dan Pengembangan Sosial Masyarakat (LP2SM), Komunitas Bondowoso Rumahku, Gerakan Kemanusiaan Indonesia, TAGANA, ORARI, Kelompok Pelestari Sumber Daya Alam Puspita Hijau, Pondok Pesantren Nurul Hidayah Sulek dan aparat Polsek dan Koramil setempat.

Administratur Perhutani KPH Bondowoso Adi Winarno mengungkapkan bahwa tanaman bambu merupakan tanaman yang mampu menyimpan air dan unggul sebagai penahan erosi. Masyarakat bisa memanfaatkan bawah tegakan dan kawasan hutan untuk membudidayakan bambu dengan mengikuti ketentuan Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM). Bahkan belum lama ini Perhutani Bondowoso secara khusus melatih para mandor tanam untuk melakukan pembibitan bambu.

Ketua LP2SM Bondowoso, Untung Sutrisno mengungkapkan kegiatan ini semangatnya menjaga sumber mata air Lembah Sulek yang merupakan lereng Gunung Raung dan bisa dikembangkan minimal ke desa terdekat.”

Source Perhutani Ajak Masyarakat Desa Bondowoso Tanam Bambu

Leave A Reply

Your email address will not be published.