PERESMIAN LABORATORIUM LINGKUNGAN PERUM JASA TIRTA I SOLO

19

28 Juni 2019 | Sebagai wujud diversifikasi layanan perusahaan di wilayah Jawa Tengah, Perum Jasa Tirta I (PJT I) melakukan optimalisasi asetnya dengan membangun Laboratorium Lingkungan di Kota Solo. Melalui pembangunan laboratorium ini, perusahaan dapat meningkatkan kapasitas layanan dalam melakukan pemantauan kualitas air sungai maupun waduk yang berada dibawah wilayah kerja PJT I.

Jumat, 28 Juni 2019 bertempat di Jalan Solo-Kartasura, Surakarta, Jawa Tengah,Direktur Utama PJT I, Raymond Valiant Ruritanmeresmikan Laboratorium Lingkungan ketiga yang dioperasikan oleh PJT I. Peresmian dilakukan sebagai upaya untuk memperkenalkan laboratorium kepada khalayak serta lembaga/instansi terkait.

Laboratorium lingkungan PJT I dibangun sebagai upaya untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada para pelanggan secara lebih luas. Sebelumnya PJT I telah memiliki laboratorium lingkungan di Malang dan Mojokerto.Dengan adanya penambahan laboratorium di Solo ini diharapkan dapat melayani para pelanggan, terutama yang berada di wilayah Jawa Tengah, untuk melakukan uji kualitas air di Laboratoroium PJT I Solo. Dengan jarak yang lebih dekat, tentunya kualitas sampel air yang akan diujikan dapat terjaga. Pelanggan yang membawa sampel dari Rembang, Jepara misalnya yang sebelumnya membawa hasil sampel ke Malang dan Mojokerto dapat berpindah ke Laboratorium solo yang berjarak lebih dekat. Kualitas dan pelayanan menjadi kata kunci utama hadirnya Laboratorium PJT I di Solo.

Selain untuk menjaring potensi pelanggan, kehadiran laboratorium lingkungan di Solo juga dapat meningkatkan layanan PJT I dalam melakukan pemantauan kualitas air sungai. Sebagai contoh,sampel airdari WadukGajah Mungkur yang berada di Kabupaten Wonogiri atau Waduk Sempor yang berada di wilayah Kebumenakan lebih cepat terlayani dengan hasil yang lebih akurat.Jika terjadi kasus pencemaran sungai di Wilayah Kerja PJT I, maka sampel air juga dapat diuji di Laboratorium Lingkungan Solo.

Besarnya potensi pelanggan menjadi salah satu alasan kuat pengembangan Laboratorium Lingkungan di Solo. Tidak hanya dari lembaga/institusi pemerintahan saja, namun kebutuhan akan pengujian kualitas air dari universitas maupun perusahaan swasta di wilayah Solo dan sekitarnya juga cukup tinggi.Pelanggan dapat melakukan berbagai macam uji sampel, baik air sungai, air limbah, maupun air hasil olahan yang digunakan sebagai bahan baku seperti PDAM. Parameter yang dapat diuji pun beragam, baik organik seperti BOD, COD, Nitrat, maupun parameter fisik seperti TSS. Selain itu Laboratorium Solo juga menawarkan uji analisa anorganik sebagai salah satu layanan yang dapat diberikan. Jika para pelanggan tidak mengetahui cara pengambilan sampel di lokasi, layanan pengambilan sampel pun juga tersedia disini.

Keunggulan dari Laboratorium Solo yang dikelola oleh PJT I diantaranya peralatan modern yang digunakan serta tenaga ahli yang kompeten sehingga pelanggan akan memperoleh hasil uji yang akurat. Selain itu proses pengujian sampel juga terhitung cepat,kurang lebih dalam kurun waktu 7 – 10 hari kerja, hasil pengujian sudah diterima pelanggan. Segala keunggulan kompetitif yang dimiliki tidak lepas dari pengalaman PJT I yang telah cukup lama mengoperasikan laboratorium serupa di 2 (dua) lokasi di Jawa Timur dengan kualitas layanan yang terakreditasi denganstandar ISO 17025. Provinsi Jawa Timur juga telah menunjuk Laboratorium Lingkungan PJT I sebagai salah satu laboratorium rujukan yang diakui akan keakuratan hasilnya.

Source PERESMIAN LABORATORIUM LINGKUNGAN PERUM JASA TIRTA I SOLO

Leave A Reply

Your email address will not be published.