Perbedaan Tanda Kehamilan dengan Menstruasi

Posted by
Konsumsi Kafein selama Kehamilan Bikin Berat Badan Lahir Bayi Rendah?

Bagi para pasangan dan ibu baru pasti akan merasakan kebingungan Ketika membedakan antara tanda – tanda hamil muda dengan menstruasi. Hal – hal yang sangat mirip seperti pada gejala fisik yaitu payudara yang terasa membengkak, adanya flek, dan juga rasa kram yang biasanya dirasakan di perut. Hal – hal tersebut merupakan hal – hal yang bisa dijadikan sebagai tanda – tanda hamil muda dan juga bisa sebagai tanda akan datangnye menstruasi. Bagaimana anda bisa mengetahui jika gejala yang anda rasakan merupakan gejala kehamilan atau bukan? Maka simak penjelasannya berikut ini.

1.Datang Bulan yang Terlambat

Biasanya para pasangan baru menyadari bahwa sang istri sedang hamil adalah dengan keterlambatan datang bulan. Pasalnya hal ini adalah hal yang paling mendasar untuk ciri – ciri kehamilan. Jika pada tanggal seharusnya anda menstruasi namun tak kunung menstruasi, maka bisa jadi anda sedang hamil atau ada ketidak seimbangan hormon yang membuat anda telat datang bulan. Untuk memastikan apakah anda hamil atau hanya keterlambatan biasa, maka anda bisa segera melakukan tespack dimana tespack tersebut akan membaca apakah ada hormone HCG pada urin sang ibu yang memiliki tugas untuk melindungi kehamilan. Jika hasil tespack postif, maka selamat anda dan pasnagan akan menjadi orang tua. Namun, jika negative dan anda tak kunjung datang bulan, maka anda bisa melakukan tespack beberapa hari selanjutnya.

2. Merasakan Morning Sickness atau Mual – Mual

Morning sickness merupakan suatu kondisi dimana ada perasaan yang tidak nyaman yang dirasakan pada pagi hari, morning sickness ini biasanya dialami oleh hamper Sebagian besar ibu hamil. Dengan adanya perubahan hormon dalam darah sang ibu ini membuat rasa sakit pada lapisan perut dan juga biasanya menimbulkan rasa mual.

Rasa mual yang dialami oleh sang ibu hamil ini biasanya akan sangat terasa pada trimester pertama kehamilan atau pada bulan kesatu hingga bulan ketiga dan akan mulai menghilang beriringan dengan bertambahnya usia kehamilan. Tapi, anda jangan salah, ya. Meskipun memiliki nama morning sickness, namun pada kenyataannya mual dan muntah yang sang ibu rasakan dapat terjadi sepanjang hari baik pada siang ataupun malam hari.

3. Merasa Lelah

Tanda – tanda hamil muda yang sangat umum dialami adalah rasa mudah Lelah dan mengantuk. Perasaan mudah merasa lelah Ketika ibu sedang hamil adalah akibat dari peningkatan kadar hormon progesteron yang ada dalam tubuh. Hormon progesteron merupakan hormon depresan alami pada sistem saraf pusat yang akan menyebabkan sang Ibu mudah merasa ngantuk dan juga kelelahan. Slain itu pada 3 bulan pertama atau yang biasa disebut dengan trimester pertama ini maka tubuh sang ibu akan bekerja jauh lebih keras untuk memompa hormon dan juga memproduksi lebih banyak darah dari biasanya yang berfungsi untuk nutrisi janin agar bisa terpenuhi.

Adanya rasa khawatir saat masa masa awal kehimlan juga turut berperan dalam menyerap energi milik sang Ibu saat hamil. Untuk mengatasi hal tersebut, maka calon ibu perlu untuk memperbanyak waktu istirahat nya dan juga mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi tinggi. Agar tidak terlalu khawatir, maka Menambah pengetahuan mengenai kehamilan bisa sangat membantu mengurangi kekhawatiran yang dirasakan sang ibu, mulai dari bertanya kepada yang lebih tua hingga membeli buku seputar kehamilan agar bisa membantu mengurangi rasa khawatir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *