Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Nomor : Per – 12 /Mbu/ 10/2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor Per-08/ Mbu/2014 Tentang Pedoman Pengelolaan Informasi Dan Dokumentasi Di Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara

86

08 Oktober 2015

Mengubah : PER-08/MBU/2014

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

MENTERI BADAN USAHA MILIK NEGARA REPUBLIK INDONESIA

Menimbang :

a. bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-08/ MBU/ 2014 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara, telah diatur mengenai mekanisme penyediaan, pengumpulan, pengklasifikasian, pendokumentasian, dan pelayanan informasi di lingkungan Kementerian BUMN.

b. bahwa dalam rangka penyesuaian terhadap Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor: PER-10/ MBU/ 07/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Badan Usaha Milik Negara, dipandang perlu untuk menyesuaikan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara sebagaimana dimaksud pada huruf a.

c. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, dan huruf b di atas, perlu menetapkan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-08/MBU/2014 Tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara

Mengingat :

1. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (Lembaran Negara Tahun 2008 Nomor 61, tambahan Lembaran Negara Nomor 4846)

2. Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

3. Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2009 tentang Pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2014

4. Peraturan Presiden Nomor 41 Tahun 2015 tentang Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Lembaran Negara Tahun 2015 Nomor 76)

5. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 121/P Tahun 2014 tentang Pembentukan Kementerian dan Pengangkatan Menteri Kabinet Kerja Periode Tahun 2014-2019

6. Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Publik (Berita Negara Tahun 2010 Nomor 272)

7. Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-10/MBU/07/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian BUMN

MEMUTUSKAN

Menetapkan : PERATURAN MENTERI BADAN USAHA MILIK NEGARA TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI BADAN USAHA MILIK NEGARA NOMOR PER-08/ MBU/ 2014

TENTANG PEDOMAN PENGELOLAAN INFORMASI DAN DOKUMENTASI DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN BADAN USAHA MILIK NEGARA.

Pasal I

Mengubah ketentuan di dalam Bab II angka 2.1. mengenai Atasan PPID dan angka 2.2.4 mengenai Kedudukan dan Penunjukan PPID dalam Lampiran Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-08/ MBU/ 2014 Tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara, sehingga Bab II angka 2.1. dan angka 2.2.4 menjadi sebagaimana Lampiran Peraturan Menteri ini.

Pasal II

Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan. Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Menteri ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia.

Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 08 Oktober 2015

MENTERI BADAN USAHA MILIK NEGARA

ttd.

RINI M. SOEMARNO

Diundangkan di Jakarta pada tanggal 12 November 2015

DIREKTUR JENDERAL

PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA

ttd.

WIDODO EKATJAHJANA

BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2015 NOMOR 1700

Salinan sesuai dengan aslinya

Plt. Kepala Biro Hukum

Kepala Biro Perencanaan, Sumber Daya Manusia dan Organisasi

NIP 196912311996031001

LAMPIRAN

PERATURAN MENTERI BADAN USAHA MILIK NEGARA NOMOR : PER -12 /MBU/ 10 /2015

TENTANG

PERATURAN MENTERI BADAN USAHA MILIK NEGARA TENTANG PERUBAHAN

ATAS PERATURAN MENTERI BADAN USAHA MILIK NEGARA NOMOR

PER-08/ MBU/2014 TENTANG PEDOMAN PENGELOLAAN

INFORMASI DAN DOKUMENTASI DI LINGKUNGAN

KEMENTERIAN BADAN USAHA MILIK NEGARA

BAB II

STRUKTUR ORGANISASI PELAYANAN INFORMASI

KEMENTERIAN BADAN USAHA MILIK NEGARA

Dalam rangka menyelenggarakan Pelayanan Informasi kepada publik, ditetapkan struktur dan tata kerja organisasi Pelayanan Informasi di lingkungan Kementerian BUMN sebagai berikut:

2.1. ATASAN PPID

2.1.1 Atasan PPID adalah Pejabat Eselon II yang melaksanakan urusan hubungan masyarakat.

2.1.2 Atasan PPID mempunyai tugas melakukan supervisi atas kinerja PPID serta berperan sebagai penentu akhir pengambilan kebijakan apabila muncul masalah dalam pengelolaan dan pelaksanaan layanan Informasi termasuk dalam menentukan Informasi dikecualikan atau tidak.

2.2 PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)

2.2.1 Kriteria PPID

1. PPID merupakan pejabat struktural yang ditunjuk untuk melaksanakan tugas Pelayanan Informasi kepada publik;

2. PPID harus memiliki kompetensi di bidang pengelolaan dokumen, pengolahan data, pelayanan Informasi, dan kehumasan.

2.2.2 PPID bertugas:

1. Mengkoordinasikan pengumpulan seluruh Informasi Publik secara fisik dari setiap unit/unit kerja yang meliputi informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, wajib tersedia setiap saat, dan informasi terbuka lainnya yang diminta Pemohon Informasi Publik.

2. Mengkoordinasikan pendataan Informasi Publik yang dikuasai oleh setiap unit/unit kerja di Badan Publik dalam rangka pembuatan dan pemutakhiran Daftar Informasi Publik setelah dimutakhirkan oleh pimpinan masing-masing unit/unit kerja sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam sebulan.

3. Mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan Informasi Publik melalui pengumuman dan/ atau permohonan.

4. Mengkoordinasikan pengumuman Informasi Publik melalui media yang secara

efektif dapat me nj angkau seluruh pemangku kepentingan.

5. Mengkoordinasikan penyampaian Informasi Publik dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, mudah dipahami serta mempertimbangkan penggunaan bahasa yang digunakan oleh penduduk setempat.

6. Mengkoordinasikan pemberian Informasi Publik yang dapat diakses oleh publik dengan petugas informasi di berbagai unit pelayanan informasi untuk memenuhi permohonan Informasi Publik.

7. Melakukan pengujian tentang konsekuensi yang timbul sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik sebelum menyatakan Informasi Publik tertentu dikecualikan.

8. Menyertakan alasan tertulis pengecualian Informasi Publik secara jelas dan tegas, dalam hal permohonan Informasi Publik ditolak.

9. Menghitamkan atau mengaburkan Informasi Publik yang dikecualikan beserta alasannya.

10. Mengembangkan kapasitas pejabat fungsional dan/ atau petugas informasi dalam rangka peningkatan kualitas layanan Informasi Publik.

11. Mengkoordinasikan dan memastikan agar pengajuan keberatan diproses berdasarkan prosedur penyelesaian keberatan apabila permohonan Informasi Publik ditolak.

2.2.3 PPID berwenang:

1. Mengkoordinasikan setiap unit/unit kerja di Badan Publik dalam melaksanakan pelayanan Informasi Publik;

2. Memutuskan suatu Informasi Publik dapat diakses publik atau tidak berdasarkan pengujian tentang konsekuensi

3. Menolak permohonan Informasi Publik secara tertulis apabila Informasi Publik yang dimohon termasuk informasi yang dikecualikan/ rahasia dengan disertai alasan serta pemberitahuan tentang hak dan tata cara bagi pemohon untuk mengajukan keberatan atas penolakan tersebut.

4. menugaskan pejabat fungsional dan/atau petugas informasi di bawah wewenang dan koordinasinya untuk membuat, memelihara, dan/atau memutakhirkan Daftar Informasi Publik secara berkala sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam sebulan dalam hal Badan Publik memiliki pejabat fungsional dan/ atau petugas informasi.

5. Mengkoordinasikan unit-unit terkait di lingkungan Kementerian BUMN dalam rangka penyelesaian sengketa informasi.

2.2.4 Kedudukan dan Penunjukan

1. PPID adalah Pejabat Eselon III yang melaksanakan urusan hubungan masyarakat.

2. Dalam hal Pejabat Eselon III yang melaksanakan urusan hubungan masyarakat berhalangan, maka Pelaksana Tugas (Plt.) pejabat yang bersangkutan bertindak sebagai pelaksana tugas PPID;

3. Dalam hal diperlukan pejabat fungsional dan/atau petugas informasi untuk membantu PPID, penetapannya dilakukan oleh Atasan PPID.

Ditetapkan di Jakarta Pada tanggal 08 Oktober 2015

MENTERI BADAN USAHA MILIK NEGARA

ttd.

Salinan sesuai dengan aslinya

Plt. Kepala Biro Hukum RINI M. SOEMARNO Kepala Biro Perencanaan, Sumber Daya Manusia dan Organisasi

Ony Supryhartono

NIP 196912311996031001

Source Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Nomor : Per - 12 /Mbu/ 10/2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor Per-08/ Mbu/2014 Tentang Pedoman Pengelolaan Informasi Dan Dokumentasi Di Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara

Leave A Reply

Your email address will not be published.