Peran Penting Mobile Reader Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018

22

6/27/2018 10:43:25 AM | Bila mudik pada tahun-tahun sebelumnya pengguna jalan tol hanya memanfaatkan Gerbang Tol (GT) sebagai pembayaran transaksi. Ada sesuatu yang berbeda pada tahun mudik 2018, yaitu Jasamarga Tollroad Operator selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyiagakan 150 unit Mobile Reader yang tersebar di beberapa GT guna memperlancar transaksi saat arus mudik
dan balik Lebaran 2018.

Mobile Reader merupakan teknologi terbaru berupa alat transaksi bergerak di Gerbang Tol. Penggunaan alat ini bertujuan untuk mempercepat transaksi guna menghindari antrean yang terjadi saat meningkatnya volume kendaraan, petugas akan menjemput kendaraan untuk kemudian menempelkan kartu elektronik pada Mobile Reader yang dibawa, sehingga pengguna jalan tidak perlu melakukan tapping di gardu.

Mobile Reader yang sudah di ujicoba dalam kurun waktu 6 bulan ini mempunyai peran besar dalam kelancaran arus lalu lintas di Gerbang Tol selama arus mudik dan balik Lebaran 2018.

Berkat bantuan 15 unit Mobile Reader, Jasa Marga mampu mencetak rekor melayani 130.125 kendaraan pada H+3 Lebaran di GT Cikarang Utama. Jumlah ini meningkat 82% dari volume lalu lintas harian normal sebanyak 71.398 kendaraan.

Selain itu, hadirnya Mobile Reader juga dinilai efektif karena mempunyai sistem yang lebih fleksibel dalam membantu kelancaran transaksi. Salah satunya adalah saat persiapan transaksi gardu masuk darurat di ruas Mojokerto-Kertosono.

Dengan hadirnya Mobile Reader petugas hanya membutuhkan waktu 2 jam, sehingga transaksi untuk kendaraan yang berasal dari ruas tol fungsional Wilangan-Kertosono yang semula secara manual dapat dialihkan menjadi transaksi elektronik.

Saat ini hampir seluruh Gerbang Tol milik Jasa Marga mengoperasikan Mobile Reader.

Source Peran Penting Mobile Reader Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018

Leave A Reply

Your email address will not be published.