Penyuluhan Kesehatan Pasien Diabetes Hipertensi & Jantung Menjelang Puasa

105

26 Mei 2017 14:01:53 WIB

Surabaya – Bertempat di ruang rapat atas, kantor pusat PT DPS (Persero), Departemen SDM & Umum yang diwakili oleh Aditya Chrismawanto (Manager Personalia) menyelenggarakan penyuluhan kesehatan untuk pasien yang mengidap penyakit Diabetes, Hipertensi & Jantung, Rabu (24/5). Dr. Melany Taurusia sebagai dokter perusahaan sebagai pembicara dalam acara penyuluhan tersebut memberikan pengetahuan kepada pasien pengidap Diabetes, Hipertensi & Jantung pada saat menjelang puasa antara lain mengenai aturan minum obat dan pola makan.

Pemberlakuan aturan minum obat dan pola makan untuk pasien pengidap Diabetes, Hipertensi & Jantung pada saat puasa berbeda dengan tidak puasa. Pada saat puasa seseorang cenderung makan banyak atau balas dendam saat menjelang berbuka puasa dikarenakan sehari penuh menahan lapar dan dahaga, hal tersebut bisa menyebabkan Hyperglikemia (Kelebihan gula darah) dan Hypoglikemia (Kekurangan gula darah).

Oleh sebab itu aturan minum obat untuk pasien Diabetes dianjurkan untuk tetap minum obat secara rutin 2X sehari yaitu diwaktu sebelum berbuka puasa dan sesudah saur, dan pengidap Hipertensi minum obat rutin 1X (pada saat tensi tinggi) sesudah saur. Kenapa obat Diabetes aturan minumnya dibalik pada saat bulan puasa? Dikarenakan pada saat sahur apabila pasien minum obat Diabetes sebelum saur maka selama menjalani puasa, gula darah pasien akan turun dengan drastis sehingga dapat menyebabkan keluhan-keluhan seperti pusing, keringat dingin sampai dengan kehilangan kesadaran.

Untuk pola makan juga harus dilakukan secara bertahap yaitu saat berbuka puasa dianjurkan untuk minum + makan cemilan yang manis seperti teh manis dan kurma dahulu, setelah sholat magrib baru makan makanan ringan yang manis seperti Kolak/ kacang hijau, kemudian setelah tarawih baru makan makanan berat seperti nasi, lauk dan sayur mayur. Dr. Melany juga menganjurkan untuk tetap melakukan olahraga ringan pada saat menjelang berbuka puasa.

Source Penyuluhan Kesehatan Pasien Diabetes Hipertensi & Jantung Menjelang Puasa

Leave A Reply

Your email address will not be published.