Peningkatan Kualitas yang Berkesinambungan dengan Penerapan Kaizen di Perusahaan (Bagian III)

9

Senin, 20 April 2015 | Untuk menunjang kelancaran penerapan Kaizen, sebaiknya memiliki tim khusus yang terbagi dua, yaitu administrasi dan juri. Tim administrasi bertugas mengumpulkan atau menampung saran atau ide karyawan di setiap bagian ataupun divisi. Tim administrasi terdiri dari sekumpulan kepala urusan atau manajer di bagian atau divisi. Saran atau ide karyawan yang sudah terkumpul pada tim administrasi, akan diseleksi oleh tim juri. Tim juri terdiri dari sekumpulan pejabat puncak. Tim juri yang menentukan mana saran atau ide yang memberikan dampak positif bagi perusahaan.

Penjurian dapat dilakukan dalam satu bulan sekali. Jika tiap karyawan ditargetkan memberikan 1 (satu) saran atau ide dalam 1 (satu) bulan, maka ada sekitar 10.000-an ide atau saran yang dimungkinkan untuk dapat diterapkan di perusahaan dalam memperbaiki kualitas proses secara berkesinambungan di perusahaan. Namun, dalam penerapannya belum tentu semua saran atau ide yang baik dapat diterapkan secara sekaligus, sehingga dapat dilakukan secara bertahap. Untuk memastikan bahwa ide atau saran yang terpilih oleh juri dilaksanakan oleh bagian atau divisi terkait, maka tim administrasi memantau dalam pelaksanaannya, sehingga ide atau saran tersebut benar – benar terealisasi.

Ide atau saran terbaik yang dipilih tim juri tiap bulan dapat diberikan penghargaan bulanan. Penghargaan tidak harus berupa materi, namun bisa dilakukan dengan Awards. Awards disini adalah karyawan star di divisi atau bagian dimana karyawan tersebut bekerja. Misalnya, Star Humas, Star Administrasi, Star Keuangan, Star Pemasaran, Star Penelitian, Star Quality Control, Star Dokter Gula, Star Instalasi, dan seterusnya. Dengan penerapannya Awards ini, diharapkan akan dapat memacu karyawan lain untuk terus memberikan saran atau ide dalam meningkatkan kualitas proses yang berkesinambungan. Karyawan yang sering memberkan saran atau ide dan terpilih oleh juri terbanyak dalam satu tahun, maka karyawan tersebut dapat diberikan penghargaan tahunan. Penghargaan satu tahun bisa berupa Star tahunan di bagian atau divisi tempat karyawan tersebut bekerja.

Secara alamiah, kompetisi tiap karyawan pun akan terjadi di perusahaan, dan diharapkan dapat menjalankan strategi perusahaan yang ditentukan manajemen (Efisiensi, Diversifikasi, dan Optimalisasi) sehingga perusahaan pun dapat berakselerasi dalam mencapai tujuan perusahaan.

Source Peningkatan Kualitas yang Berkesinambungan dengan Penerapan Kaizen di Perusahaan (Bagian III)

Leave A Reply

Your email address will not be published.