Peningkatan Bongkar Muat Pelabuhan Banjarmasin Seiring Pertumbuhan Ekonomi Kalsel

21

23 Juli 2016

Banjarmasin – Pelabuhan Banjarmasin dengan gedung terminal penumpangnya yang bernuansa asri pasca direvitalisasi, menerima kunjungan kerja Dewan Komisaris PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III, Sabtu (23/7). Komisaris Utama Hari Bowo, anggota komisaris Machfud Sidik dan Soritaon Siregar beserta Kepala Satuan Pengawas Intern (SPI) Ahmad Zaini meninjau berbagai fasilitas dengan didampingi GM Pelindo III Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana.

“Pelindo III terus melakukan peningkatan di bidang infrastruktur, termasuk di Pelabuhan Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terutama upaya pembenahan area-area kosong di beberapa titik seperti debarkasi kedatangan. Selain itu juga membangun green wall serta taman rambat yang membuat Terminal Penumpang Bandarmasih menjadi lebih asri dan nyaman untuk penumpang kapal laut,” ujar Hengki.

Selanjutnya dijelaskan juga mengenai arus kinerja Pelabuhan Banjarmasin. Pada semester 1 tahun 2016, arus bongkar muat peti kemas yang sebesar 202.385 TEUs telah melebihi target yang ditetapkan sebesar 200.792 TEUs. Kinerja bongkar muat yang melebihi perkiraan target tersebut secara tidak langsung juga memberikan efek positif pada pertumbuhgan ekonomi Provinsi Kalimantan Selatan yang meningkat 0,13% dari sebesar 3,84% pada tahun 2015 menjadi sebesar 3,97% pada tahun 2016 ini.

“Memang peningkatan kinerja yang ada di Pelabuhan Banjarmasin sesuai dengan pertumbuhan ekonomi daerah yang ada, dengan begitu perlu adanya segmentasi pendapatan terutama dari sisi rupa-rupa usaha yang juga harus ditingkatkan, seperti pada sisi konvensional dan pelayanan kapal”, kata Hari Bowo saat menanggapi paparan yang sudah disampaikan manajemen.

Pada hari kedua Dewan Komirasis Pelindo III meninjau lapangan ke Terminal Penumpang Bandarmasih dan berkeliling untuk memantau langsung seluruh fasilitas dan perkembangan pelabuhan. Selain itu juga menyusuri sisi perairan Sungai Barito untuk meninjau Terminal Peti Kemas Banajrmasin (TPKB) yang kemudian dilanjut ke Terminal Martapura Baru bersama Danlanal Banjarmasin Oky Dipura menggunakan perahu TNI AL jenis sea rider.

Source Peningkatan Bongkar Muat Pelabuhan Banjarmasin Seiring Pertumbuhan Ekonomi Kalsel

Leave A Reply

Your email address will not be published.