Penghijauan Di Kek Pariwisata Mandalika Dimulai

31

9 Desember 2017

Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2017 menjadi momentum dimulainya penghijauan di KEK Pariwisata Mandalika.  Selama dua hari berturut-turut, pada 8-9 Desember 2017, secara simbolis penghijauan di KEK Pariwisata Mandalika dimulai dengan melakukan kegiatan penanaman pohon, sebanyak 3.762 pohon dari berbagai varian.

Pada 8 Desember 2017 kegiatan penanaman pohon diselenggarakan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC, BUMN pengembang dan pengelola KEK Pariwisata Mandalika, bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Kabupaten Lombok Tengah di area Masjid Nurul Bilad dan Bukit Prabu, KEK Pariwisata Mandalika.  Mengangkat tema “Kerja Bersama: Makmurkan Rakyat. Lestarikan Alam”, kegiatan penanaman pohon dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB H. Muhammad Amin, SH, M.Si, Bupati Lombok Tengah H. Moh. Suhaili Thohir, SH, Wakil Bupati Lombok Tengah L. Pathul Bahri, S.IP, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah H.M. Nursiah, S.Sos, Dandim KODIM 1620 Lombok Tengah Letkol (Inf) Is Abdul Rasi, SE, Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan, jajaran SKPD di Provinsi NTB, Kabupaten Lombok Tengah, dan seluruh pegawai ITDC.

Pada kegiatan ini sejumlah 2.862 pohon ditanam, terdiri dari 922 batang Pohon Mahoni, 300 batang Pohon Klokos, 100 batang Pohon Mangga, 110 batang Pohon Nangka, 5 batang Pohon Jambu, 350 batang Pohon Trembesi, 150 batang Pohon Jati Putih, 60 batang Pohon Bungur Putih, 3 batang Pohon Zaitun, 5 batang Pohon Kenari, 7 batang Pohon Alpukat, dan 850 batang Pohon Asem.  Penanaman pohon besar dilakukan di area barat Masjid, sedangkan pohon dengan ukuran lebih kecil ditanam di area green space dengan tujuan penggemukan sampai siap tanam common area di masa depan (fungsi nursery)

Pada 9 Desember 2017, kegiatan penanaman pohon diselenggarakan oleh ITDC bekerja sama dengan KODIM 1620 Lombok Tengah, untuk memperingati Hari Juang Kartika 15 Desember, yaitu hari lahir TNI-AD untuk mengenang kembali semangat dan jiwa korsa prajurit TNI-AD dalam meningkatkan pengabdian kepada nusa dan bangsa.

Kegiatan penanaman dilakukan di Bukit Nandus, Desa Sukadana, yang merupakan salah satu desa penyangga KEK Pariwisata Mandalika, dan diikuti oleh 700 prajurit dari seluruh KODIM di NTB, anggota TNI/POLRI, serta pemangku kepentingan di area penanaman pohon tersebut. Kegiatan dihadiri oleh Danrem 162 Wira Bhakti Kolonel Inf Farid Makruf, M.A., Dandim 1620 Lombok Tengah Letkol Inf Is Abul Rasi, SE, Dandim 1615 Lombok Timur Letkol Inf Agus Setiandar, S.I.P, serta Deputy Project Director KEK Pariwisata Mandalika Adi Sujono,. Pada kegiatan ini 900 pohon, yang terdiri 300 Pohon Trembesi, 300 Pohon Mahoni, dan 300 Pohon Sengon, ditanam di lahan kritis Bukit Nandus yang memiliki kemiringan 40 derajat dan hanya 80% lahannya saja bisa ditanami.

Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan mengatakan, ”Rangkaian kegiatan penanaman pohon ini terselenggara untuk merealisasikan arahan Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan beroperasinya KEK Pariwisata Mandalika 20 Oktober lalu mengenai penghijauan KEK Pariwisata Mandalika. Penghijauan ini juga sangat selaras dengan rencana pengembangan KEK Pariwisata Mandalika sebagai kawasan eco-tourism terbesar di Indonesia. Kami berharap dapat terus memperoleh dukungan dari semua pihak dalam penataan dan pembangunan KEK Pariwisata Mandalika secara berkelanjutan.”

Source Penghijauan Di Kek Pariwisata Mandalika Dimulai

Leave A Reply

Your email address will not be published.