Pengelola Wisata Se-Jawa Timur Siap Hadapi MEA

15

BONDOWOSO, PERHUTANI (12/2/2016) | Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur menyelenggarakan pelatihan bagi seluruh jajaran pengelola Wana Wisata se- Provinsi Jawa Timur dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pelatihan digelar di Pondok Wisata Foresta Pasir Putih Situbondo selama 3 (tiga) hari dari 11 hingga 13 Februari 2016 dengan jumlah peserta sekitar 55 orang.

Acara pelatihan secara resmi dibuka oleh Wakil Administratur Situbondo KPH Bondowoso, Moh. Ajib, S. Dalam sambutannya menyatakan bahwa sumber daya manusia yang ada di Perum Perhutani harus menyiapkan diri dalam rangka menghadapi pemberlakuan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Pemberlakuan MEA menciptakan persaingan tenaga kerja yang amat ketat di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, era baru pasar bebas ini melahirkan tren beragam profesi paling diincar tenaga kerja termasuk dari sektor pariwisata. Diakui oleh Ajib, bahwa pengelola wanawisata masih memiliki berbagai keterbatasan, oleh karena itu diperlukan kesungguhan oleh meningkatkan kualitas seperti membekali diri dengan keterampilan berbahasa asing.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Pariwisata Dinas Budaya Pariwisata Jawa Timur, Handoyo selaku narasumber dalam pelatihan Pengelola Wisata bahwa di masa mendatang sektor pariwisata akan menjadi salah satu pokok sumber pendapatan seiring dengan laju pertumbuhan penduduk dan ketenagakerjaan.

Pengembangan wanawisata sejatinya memang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan, namun yang tidak kalah pentingnya adalah kelestarian alam dan kawasan wisata itu sendiri. Pada akhirnya keberadaan wanawisata juga diharapkan memberikan manfaat kesejahteraan masyarakat bagi masyarakat setempat.

Acara pelatihan sengaja digelar di tepi pantai Pasir Putih untuk menciptakan suasana santai dan nyaman bagi para peserta yang terdiri masing-masing Kepala Urusan Komunikasi Perusahaan dan personil pengelola wisata KPH lingkup Jawa Timur. Walaupun hujan sempat mewarnai perjalanan pelatihan, namun rata-rata peserta sangat menikmati suguhan pemandangan alam wanawisata Pasir Putih.

Source Pengelola Wisata Se-Jawa Timur Siap Hadapi MEA

Leave A Reply

Your email address will not be published.