Penelitian Tembakau Jember Sharing Pengelolaan Limbah Pada Aktivis Lingkungan

7

Jumat, 16 Agustus 2019 | Sebagai agenda rutin dalam upaya mengedukasi masyarakat terhadap pengelolaan sampah, Kampoeng Recycle- salah satu komunitas pemerhati lingkungan menggelar talkshow di dua kabupaten.

“Talkshow lingkungan ini menggandeng tiga narasumber, salah satunya dari PTPN X Penelitian Tembakau Jember,” ujar Nurul Hidayat, Pendiri Kampoeng Recycle. Pria yang meraih gelar Magister dari University of Melbourne Australia tersebut menjelaskan bahwa talkshow diselenggarakan selama dua hari, yakni di Bondowoso pada 14 Agustus 2019 dan Jember pada 15 Agustus 2019.

Di depan para petani tembakau, aktivis lingkungan serta jajaran pemerintah setempat, Okta Prima Indahsari narasumber dari PTPN X memaparkan materi bertajuk ‘Pengembangan Energi Alternatif Berbasis Limbah Biomassa’. Menurutnya, PTPN X tidak hanya concern menghasilkan produk agribisnis berkualitas tinggi, namun juga peduli terhadap pengelolaan limbahnya, sehingga pasca kegiatan produksi, limbahnya tidak mencemari lingkungan.

“Limbah padat hasil kegiatan budidaya tembakau meliputi kuncup, bunga, daun pucuk, batang, dan akar tembakau kini tengah diolah menjadi beragam produk baru yang bermanfaat bagi lingkungan. Dari 50 produk turunan tembakau, ada dua produk yang berpotensi menjadi energi alternatif, yakni briket dan pellet batang tembakau,” ulas wanita yang telah memiliki lebih dari 5 publikasi ilmiah tingkat Nasional maupun Internasional.

Selain dua produk tersebut, ia juga mengulas beberapa varian diversifikasi produk tembakau yang dapat diduplikasi dengan biaya terjangkau serta teknologinya tepat guna seperti asap cair, biochar, dan hand sanitizer. Agar dapat mengetahui lebih jauh seluk-beluk hilirisasi produk tembakau berikut pelatihan pembuatan produk-produk tersebut, ibu dua putra ini mempersilakan hadirin untuk mengunjungi Wisata Edukasi Tembakau dan Produk Hilir Tembakau Golden Leaf House di bilangan MH. Thamrin Jember.

Source Penelitian Tembakau Jember Sharing Pengelolaan Limbah Pada Aktivis Lingkungan

Leave A Reply

Your email address will not be published.