Pemprov DKI Luncurkan SIAP BOS/BOP

16

7 Mei 2018 —¬†Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan Sistem Informasi Akuntabilitas Pendidikan (SIAP) untuk program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP). Dengan sistem ini, penyaluran dana BOS/BOP diklaim lebih transparan dan akuntabel.

“Saya bahagia sekali karena di hari pendidikan ini kita dapat melaksanakan launching SIAP BOS/BOP. Ini hadiah bagi kami di DKI Jakarta karena SIAP BOS/BOP ini bisa membantu manajemen pendidikan agar lebih akubtabel dan transparan,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu, 2 Mei 2018.

Sandi mengatakan dana BOS/BOP yang mencapai Rp4 triliun tersebut harus dikelola dengan baik. SIAP dirancang untuk menyalurkan dana tersebut secara digital.

“Sistem ini penting karena kita fokus menghadirkan pendidikan yang tuntas dan berkaualitas. Sisten ini juga sejalan dengan program cashless yang dicanangkan Bank Indonesia (BI),” kata Sandi.

Dengan sistem SIAP, semua transaksi yang berkaitan dengan dana BOS/BOP tak perlu dilakukan di bank, namun bisa dilakukan di depan komputer dengan jaringan internet. Sandi mengklaim SIAP bisa menekan potensi bocornya anggaran karena semua pembukuan sekolah bisa dipantau secara realtime oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Ini adalah komitmen kita di DKI Jakarta. Akuntabilitas adalah harga mati. Ini duit rakyat jadi harus tanggung jawab. Ini bagian dari Jakarta smartcity juga,” katanya.

Sistem SIAP BOS/BOP didukung oleh sejumlah pihak, yaitu Bank DKI, PT Dirgantara Indonesia (Persero), dan Bank Indonesia. Rencananya sisten SIAP ini akan diimplementasikan di semua sekolah di DKI Jakarta.

Source Pemprov DKI Luncurkan SIAP BOS/BOP

Leave A Reply

Your email address will not be published.