Pemkot Banjarmasin Gandeng Pelindo III untuk Kembangkan Pelabuhan Banjarmasin

7

03 Mei 2016

Banjarmasin  Pemerintah Kota Banjarmasin memercayakan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) untuk bersama mengembangkan pelabuhan di Kota Seribu Sungai di Kalimantan Selatan tersebut. Kerja sama tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara keduanya di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Selasa (3/5). Penandatangan MoU dilakukan oleh Direktur Utama Djarwo Surjanto dan Wali Kkota Banjarmasin Ibnu Sina.

Pada penandatangan tersebut juga dihadiri oleh Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heliyanto dan General Manager Pelindo III Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana beserta jajarannya. Sedangkan dari pihak Pemerintah Kota Banjarmasin tampak hadir Wakil Wali Kota Hermansyah, beserta tim Pemkot Banjarmasin seperti Kabag Perekonomian Lily Dwiyanti, Kepala Bappeda Nurul Fajar Desira, Kabag Hukum Lukman Fadiun, Asisten Ekobang Muhammad Amin. Juga hadir jajaran muspida antara lain Ketua DPRD Kota Banjarmasin H. Iwan Rusmali, Kajari Banjarmasin Hutama Wisnu, Dandim 1007 Banjarmasin Erwin, Ketua APBMI Djumadri Masrun. Dalam sambutannya Direktur Utama Pelindo III Djarwo Surjanto mengatakan, saat ini Pelabuhan Banjarmasin mendapatkan perhatian lebih dari Pelindo III terutama dalam peningkatan fasilitas.

“Memang seperti yang kita lihat sekarang ini bahwa untuk arus barang yang ada di Kota Banjarmasin mengalami penurunan yang disebabkan lesunya perekonomian. Akan tetapi hal ini merupakan kesempatan kita untuk melakukan perbaikan fasilitas-fasilitas yang ada untuk lebih memaksimalkan kinerja produktivitas proses bongkar muat di Pelabuhan Banjarmasin,” ujarnya.

Tidak hanya terkait fasilitas bongkar muat yang menjadi tujuan pengembangan pelabuhan Banjarmasin, tapi Pelindo III juga akan melakukan penataan sehingga lebih bersih dan modern. Sehubungan dengan pengembangan tersebut maka akan dilakukan beberapa renovasi seperti di lapangan penumpukan dan tempat fasilitas bongkar muat peti kemas.

“Apa yang akan dikerjakan oleh Pelindo III dalam pembangunan dan pengembangan Pelabuhan Banjarmasin tidak akan ada artinya tanpa dukungan dari Pemerintah Kota Banjarmasin. Datangnya rekan-rekan dari Pemerintahan Kota Banjarmasin serta para muspida datang ke tempat ini merupakan wujud support untuk pembangunan perekonomian Banjarmasin dan bersama-sama kita mewujudkan cita-cita untuk menciptakan kawasan industri. Saya mohon dukungan dari Pemerintahan Kota Banjarmasin dalam pengembangan kota Banjarmasin melalui kerjasama yang telah diberikan sehingga bisa bersama-sama menghadirkan pelayanan yang semakin baik untuk masyarakat khususnya di Kota Banjarmasin,” pungkasnya.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengungkapkan, bahwa kunjungan Pemerintah Kota Banjarmasin ke Surabaya merupakan bukti keseriusan pihaknya terkait  peningkatan kerjasama dengan pihak Pelindo III.

“Saya berharap dengan adanya kerjasama yang telah terjalin ini dapat mewujudkan cita-cita kita bersama ke depannya, yaitu mewujudkan Banjarmasin yang terkenal dengan julukan sebagai Kota Seribu Sungai menjadi pintu gerbang perekonomian di Kalimantan. Semoga dengan dilaksanakannya kesepakatan bersama ini akan saling menguntungkan kedua belah pihak, dengan harapan pada masa mendatang dapat lebih ditingkatkan lagi dalam upaya mempercepat perkembangan ekonomi di Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin” ujarnya.

Selain penandatangan MoU, Wali Kota Banjarmasin beserta rombongan diajak berkeliling ke infrastruktur modern yang dikelola Pelindo III seperti JIIPE (Java Integrated Industrial Ports and Estate), Terminal Teluk Lamong, Rumah Sakit PHC Surabaya, dan juga terminal penumpang kapal laut yang menjadi standar pelayanan di Indonesia, Terminal Gapura Surya Nusantara. Kabag Perekonomian Lily Dwiyanti mengungkapkan keinginan agar di Banjarmasin bisa memiliki Rumah Sakit dan Pelabuhan seperti di Surabaya.

“Harapannya ke depan Kota Banjarmasin juga bisa seperti ini, punya rumah sakit serta pelabuhan yang dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas canggih. Secepatnya hasil kunjungan ini bisa segera kita tindak lanjuti agar harapan tersebut dapat terwujud,” ujarnya.

Source Pemkot Banjarmasin Gandeng Pelindo III untuk Kembangkan Pelabuhan Banjarmasin

Leave A Reply

Your email address will not be published.