Pemkab Buleleng Sosialisasikan Keselamatan Kerja

18

09 Februari 2015

Buleleng — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Dewa Ketut Puspaka mengatakan, pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi atau bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.

Pada peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada tahun 2015 di Kabupaten Buleleng dilaksanakan di kawasan PT Pelindo III (Persero) Pelabuhan Celukan Bawang Kecamatan Gerokgak, Jumat (06/02). Dalam kegiatan K3 yang kali ini mengambil tema “Melalui Penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) Kita Wujudkan Indonesia Berbudaya K3 Dalam Menghadapi Perdagangan Bebas.” Pada kesempatan itu dilakukan simulasi K3 melalui kegiatan proses pemadaman kebakaran yang dilaksanakan kerja bareng Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Buleleng bersama PT Pelindo III (Persero) Cabang Celukan Bawang.

Menurut Kepala Disnakertrans Buleleng, Ni Made Dwi Prianti Koriawan, simulasi dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada tenaga kerja tentang pentingnya keselamatan kerja. ”Perusahaan dituntut memperhatikan keselamatan dan kesehatan karyawannya selama bekerja,” ungkap Dwi Prianti. Sementara General Manager PT Pelindo III (Persero) Cabang Celukan Bawang, Dewa Gede Adikumarajaya mengaku, pihaknya cukup memperhatikan keselamatan pekerjanya, khususnya ratusan buruh bongkar muat kapal yang beresiko tinggi.

”Kami selalu tekankan kepada para buruh bongkar muat untuk selalu mengguakan perlengkapan sesuai standar dalam bekerja, seperti selop tangan, helm, dan masker. Sebab, keselamatan mereka dalam bekerja juga menjadi tanggungjawb kami meski bukan bagian dari karyawan kami,” ungkap Dewa Gede Adikumarajaya. Ia juga mengungkapkan, PT Pelindo III (Persero) Cabang Celukan Bawang telah memiliki mobil pemadam kebakaran, tidak saja bisa dimanfaatkan di areal Pelabuhan Celukan Bawang, juga perkampungan yang ada di sekitar pelabuhan.

Source Pemkab Buleleng Sosialisasikan Keselamatan Kerja

Leave A Reply

Your email address will not be published.