Pemerintah Luncurkan Mandatori B20 untuk Kendaraan Non PSO

3

01 September 2018 — Pemerintah resmi meluncurkan Mandatori perluasan penggunaan Bahan Bakar Diesel atau B20 untuk kendaraan Non Public Service Obligation (PSO) di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, pada Jumat (31/8/2018). Peluncuran dilakukan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri BUMN Rini Soemarno. Hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi), Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan pihak terkait lainnya.

Dengan adanya mandatori ini maka kewajiban penggunaan B20 diperluas ke BBM Non-PSO setelah awalnya hanya untuk BBM PSO. Perluasan mulai berlaku mulai 1 September 2018.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan bahwa kebijakan perluasan penggunaan B20 ini dipilih karena dianggap cara tercepat untuk meningkatkan devisa dan menekan defisit neraca perdagangan.

“Selain menambah devisa dan mengurangi impor, perluasan penggunaan B20 ini juga akan berguna dalam mengurangi stok Crude Palm Oil (CPO) berlebih di dalam negeri,”ujarnya

Mekanisme pencampuran B20 akan melibatkan Badan Usaha Bahan Bakar Minyak (BU BBM ) yang menyediakan Solar, dan Badan Usaha Bahan Bakar Nabati (BU BBN) yang memasok Fame (Fatty Acid Methyl Eter) yang bersumber dari CPO.

“Saat ini sudah ada kesepakatan dengan Pertamina dimana saja titik-titik pencampurannya. Kami juga sudah mengecek kesiapan pengusaha kelapa sawit
ternyata harga keekonomiannya cocok. Dengan demikian kita benar-benar siap gunakan B20 untuk PSO maupun Non-PSO,”ujarnya.

Selain menghemat biaya impor penggunaan B20 juga memberikan kontribusi mengurangi emisi CO2 sebesar 6-9 juta ton per tahun.

Bila badan usaha tidak menjalankan mandatory tersebut, mereka akan dikenakan sanksi berupa pembayaran denda Rp 6.000, per liter volume BBM yang akan dicampur dengan BBM.

Source Pemerintah Luncurkan Mandatori B20 untuk Kendaraan Non PSO

Leave A Reply

Your email address will not be published.