Pemerintah Cari Cara Agar Bulog Bisa Menyalurkan Beras Di BPNT

9

10 Mei 2019 | Jakarta – Pemerintah mencari cara agar Perum Bulog bisa menyalurkan beras yang dimilikinya melalui Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Pasalnya dengan BPNT, penyaluran beras Bulog yang sebelumnya melalui beras sejahtera (rastra) sudah diganti melalui bantuan dana yang ditransfer.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan stok beras yang dimiliki oleh Bulog begitu banyak. Padahal Bulog tahun lalu mengimpor beras cukup banyak, sementara penugasan Bulog untuk menyalurkan beras langsung kepada masyarakat mulai berkurang.

“Tadinya waktu BPNT belum ada Bulog salurkan 230 ribu ton beras sebulan untuk rastra dan itu selalu ada bulan ke-13 bahkan (bulan) ke-14 ya,” kata Darmin di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Mei 2019.

Darmin menceritakan, pada 2015 lalu Bulog menyalurkan rasta untuk bulan ke-14 disebabkan adanya el nino. Jika setiap bulannya Bulog menyalurkan 230 ribu ton, maka dalam setahun ada sekitar tiga juta ton beras yang disalurkan oleh Bulog kepada masyarakat melalui program rastra.

Saat ini Bulog memiliki stok lebih dari dua juta ton beras yang hanya digunakan untuk cadangan beras pemerintah. Namun, Darmin menambahkan, bisa saja pemerintah memberi penugasan kepada Bulog untuk menyediakan beras yang bisa dibeli menggunakan BPNT sehingga stoknya tetap tersalurkan.

“Bisa begitu (kembali ke sistem rastra), bisa enggak gitu. Oke BPNT nanti Bulog cari beras, supaya dibeli sama mereka tetapi tetap bisa ini dikasih uangnya ini berasnya,” jelas dia.

Wakil Presiden Jusuf Kalla sebelumnya meminta Bulog agar diberi kewenangan tetap menyalurkan rastra kepada masyarakat. Sebab jika tidak, beras yang ada di gudang Bulog akan menjadi percuma karena tidak punya mekanisme untuk menyalurkan kepada masyarakat kecuali operasi pasar.

“Karena nanti Bulog tidak tahu mau diapakan berasnya. Bulog itu ditugaskan untuk membeli beras dari masyarakat pada musim panen, tapi tidak ada penyalurannya,” kata JK saat memberikan pengarahan di penutupan Forum Perencanaan Musrenbangnas 2019 RKP 2020 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Mei 2019.

Source Pemerintah Cari Cara Agar Bulog Bisa Menyalurkan Beras Di BPNT

Leave A Reply

Your email address will not be published.