Pemberian Penghargaan BUMN Hadir untuk Negeri

28

Hari ini, Jumat 19 Februari 2016 bertempat di Ballroom Hotel Grand Royal Panghegar Bandung dilaksanakan pemberian penghargaan kepada BUMN yang telah mendukung terlaksananya Agenda 70 Tahun Indonesia Merdeka “BUMN Hadir untuk Negeri”. Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan, dirinya mengapresiasi kerjasama BUMN dalam mewujudkan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui program pertukaran pelajar Siswa Mengenal Nusantara dan program sosial Bedah Rumah Veteran.

Pada acara tersebut, akan dilakukan teleconference antara Menteri BUMN dengan para siswa peserta Program Siswa Mengenal Nusantara asal Banda Aceh dan Jayapura untuk mewakili luasnya bentang wilayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Dalam momen itu pula, siswa asal Kota Bandung berkesempatan untuk menyampaikan testimoni langsung mengenai makna dan hasil yang didapat dari program yang telah dilaksanakan. Tidak hanya itu, Menteri BUMN juga berkenan untuk bercengkerama dengan para veteran yang rumahnya direnovasi oleh BUMN setempat yang juga diwakili oleh veteran asal Banda Aceh dan Jayapura melalui teleconference. Veteran asal Kota Bandung dan Kota Ambon juga berkesempatan untuk berbincang langsung dengan Menteri BUMN di lokasi acara.

Usai berbincang-bincang melalui teleconference maupun secara langsung, Menteri BUMN memberikan penghargaan kepada seluruh BUMN yang terlibat dalam program BUMN Hadir untuk Negeri serta memberikan penghargaan khusus kepada 5 (lima) BUMN Koordinator yang dinilai paling baik dalam melaksanakan program tersebut di masing-masing provinsi. Dengan begitu, diharapkan ke depan BUMN makin terinspirasi dan bersemangat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat Indonesia di seluruh wilayah.

Kegiatan Bedah Rumah Veteran dilaksanakan serentak di 34 provinsi bekerjasama dengan Direktorat Zeni TNI dan Legiun Veteran. Sampai dengan akhir tahun 2015, sebanyak 920 rumah veteran di seluruh Indonesia telah diperbaiki yang tadinya tidak layak huni sudah menjadi rumah layak huni. Aksi sosial ini merupakan ucapan terima kasih dan penghargaan atas jasa para pejuang kemerdekaan bangsa, khususnya anggota veteran yang saat ini banyak hidup dalam berbagai keterbatasan.

Sedangkan program lainnya yakni Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan program pertukaran pelajar antar daerah bertemakan “Indonesia Negeri Kebanggaanku” yang bertujuan menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara melalui pemahaman nyata dalam bentuk pertukaran informasi dan pengalaman. Peserta program adalah siswa kelas XI SMA yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi akademik dan/atau non akademik. Jumlah siswa yang mengikuti Program SMN ini yaitu sebanyak 676 siswa yang berasal dari seluruh Indonesia. Seleksi dilakukan oleh BUMN yang menjadi Penanggungjawab Provinsi bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat melalui seleksi esai mengenai motivasi mengikuti program SMN dan keaktifan siswa sebagai pengurus organisasi di sekolahnya.

Dalam pelaksanaannya, siswa yang dipilih mengikuti program ini adalah putera daerah yang dilahirkan di provinsi tersebut. Para siswa ini didampingi oleh guru berprestasi untuk bersama-sama merasakan pendidikan, ekonomi, budaya dan pariwisata di daerah lain yang memiliki perbedaan satu zona waktu di Indonesia. Misalnya, siswa asal Provinsi Maluku Utara yang dikirim ke Provinsi Kalimantan selama dua minggu. “Kami yakin investasi terbaik yang bisa dilakukan adalah berinvestasi kepada pemuda karena merekalah yang membangun masa depan,” kata Menteri Rini.

Demikian informasi ini kami sampaikan untuk dapat disebarluaskan kepada masyarakat.

Jakarta, 19 Februari 2016

Kepala Biro Umum dan Humas

ttd

Wahyu Wibowo

NIP 19710211 199603 1 001

Informasi lebih lanjut:

Teddy Poernama (Kepala Bagian Humas dan Protokol)

0812 2255 0444

[email protected]

Source Pemberian Penghargaan BUMN Hadir untuk Negeri

Leave A Reply

Your email address will not be published.