Pembayaran Kapal secara Online Diluncurkan

23

18 Februari 2018 — PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) meluncurkan layanan sistem pembayaran tambatan kapal secara online atau e-berthing di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Direktur Bisnis Pelindo I, Syahputera Sembiring mengatakan, layanan ini merupakan sistem online yang disiapkan untuk menagih pembayaran tambatan kapal yang selama ini dilakukan secara manual. Sementara terminal penumpang Sri Bintan Pura dibangun untuk melayani kepentingan publik.

”Kita akan terus melakukan penataan di Pelabuhan Sri Bintan Pura untuk kenyamanan pengguna jasa dan publik. Ini juga berkat dukungan Pemerintah Kota Tanjung Pinang melalui pengembangan yang dilakukan di Pelindo 1, seperti sistem e-berthing yang pertama kali diterapkan di Indonesia dan nantinya bisa menjadi contoh untuk pelabuhan-pelabuhan lain,” kata Syahputera dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Dengan diterapkan sistem ini diharapkan tidak menimbulkan piutang, tidak ada pungutan liar, akuntabel, serta meningkatkan pendapatan, karena pengguna jasa diwajibkan untuk membayar terlebih dahulu sebelum sandar.

General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang, I Wayan Wirawan menambahkan, konsep e-berthing mulai dikembangkan pada 2016 yang bertujuan memudahkan pengguna jasa dalam meminta pelayanan tambatan kapal menggunakan sistem online.

”Pengguna jasa cukup melakukan permintaan layanan tambatan melalui ponsel, nanti muncul approval dari kami, kemudian dapat diproses setelah muncul barcode,” ujarnya. Dia menambahkan, layanan e-berthing ini juga didukung oleh Bank Indonesia yang men canangkan Gerakan Nasional Non- Tunai (GNNT) serta Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Menurut dia, Pelabuhan Sri Bintan Pura merupakan terminal penumpang kedua tersibuk di Indonesia, traffic penumpangbisa mencapai 2 juta orang per tahun. ”Sehingga e-berthing di Pelabuhan Sri Bintan Pura menjadi pelopor pertama yang diterapkan di Indonesia guna meningkatkan layanan kepada pengguna jasa,” kata Wayan.

Sebagai informasi, pelayanan Pelindo I meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya. Perseroan mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat serta mempunyai pintu utama ekspor CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo I dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus-menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga mampu meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien.

Leave A Reply

Your email address will not be published.