Pembangunan Marina di Pantai Boom Banyuwangi Dimulai Tahun 2017

18

02 September 2015

Banyuwangi – Menteri Pariwisata Arief Yahya dijadwalkan akan melakukan peluncuran program rencana pengembangan marina atau dermaga kapal pesiar di Pantai Boom Banyuwangi pada 11 September 2015. Pembangunan marina di kawasan Pantai Boom dilakukan BUMN PT Pelindo III melalui anak usahanya yaitu PT Pelindo Properti Indonesia dan Pemkab Banyuwangi. Dermaga sandar kapal pesiar tersebut dibangun di lahan seluas 30 hektar dan direncanakan mampu menampung 150 kapal pesiar atau yacht.

Presiden Direktur PT Pelindo Properti Indonesia, Prasetyo kepadaKompasTravel, di Banyuwangi, Selasa (1/9/2015) menjelaskan dengan peluncuran proyek tersebut berarti penataan kawasan Pantai Boom juga dimulai. Diharapkan dengan penataan kawasan Marina Comunity bisa membangkitkan ekonomi masyarakat di Banyuwangi. “Saat peluncuran juga akan ada penanaman 2.000 pohon,” katanya. Saat ini Tim teknis Pelindo III dan Pemkab Banyuwangi telah bertemu beberapa kali untuk mematangkan konsep pengembangan marina yang akan diarsiteki oleh arsitek nasional Ahmad Juhara. “Saat ini semua proses terkait pemetaan lahan, perizinan, dan kajian-kajian lainnya hampir rampung. Konstruksi akan dimulai pada 2016,” ujarnya.

Prasetyo menjelaskan pengembangan marina tersebut bakal dikoneksikan dengan Pantai Tanjung Benoa di Bali dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur. Pembangunan juga akan dilakukan secara bertahap dan dimulai pada tahun 2017. “Nanti dilanjutkan pembangunan resort di pulau kecil di tengah Pantai Boom,” katanya. Sementara itu, Ahmad Juhara, mengatakan, wisata maritim Pantai Boom mendorong pengembangan di sekitar kawasan dengan mengakomodir ruang-ruang budaya dan pendidikan bagi publik seperti pendirian eco park. Lingkungan Pantai Boom juga didesain sebagai area hijau dengan meminimalisasi akses kendaraan bermotor dan memperluas akses pejalan kaki serta pesepeda.

Untuk area komersial akan ada zonasi yang tetap berwawasan lingkungan dan kearifan lokal. Area ini antara lain terdiri atas hotel, restoran, water sport, dan fasilitas one day cruise. ”Menariknya pengembangan Pantai Boom juga akan membuka akses pantai ini sebagai pintu masuk atau start point jalur laut ke berbagai destinasi wisata pantai lainnya di Banyuwangi seperti Pantai Pulau Merah, Plengkung dan Sukamade,” pungkas Prasetyo.

Source Pembangunan Marina di Pantai Boom Banyuwangi Dimulai Tahun 2017

Leave A Reply

Your email address will not be published.