Pembahasan Standarisasi Norma Kerja Bidang Produksi PT Perkebunan Nusantara

33

27 Maret 2015 — Holding BUMN Perkebunan yang dibentuk tanggal 17 September 2014 sesuai Peraturan Pemerintah No. 72 tahun 2014 diharapkan mampu memperkuat Kinerja PT Perkebunan Nusantara, dimana Restrukturisasi melalui Holding dipandang sangat ideal untuk mengatasi kelemahan yang dimiliki perusahaan perkebunan negara.

Bidang Produksi, sebagai motor utama PTPN merupakan bagian pertama dan paling penting untuk dibenahi, karena dengan keberagaman Komoditi, Fasilitas Produksi, kapabilitas dan kebijakan produksi, diperlukan konsolidasi dan Standarisasi Norma kerja Bidang Produksi yang meliputi Bidang Tanaman, Teknik dan teknologi. Oleh karena itu pada tanggal 26 – 27 Maret 2015 dilaksanakan Pembahasan Standarisasi Norma kerja Bidang Produksi yang diselenggarakan di Kantor Pusat PT Perkebunan Nusantara VIII jalan Sindangsirna Bandung.

Acara yang dibuka oleh Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara VIII dan dilanjutkan pemaparan Direktur Produksi PTPN III (Persero) Holding Company, membahas tentang teknis pelaksanaan dari masing-masing bidang yang dibagi dengan kelompok-kelompok kerja. Pembahasan Bidang Tanaman, dimulai dari pembibitan, Pembukaaan Areal, pemeliharaan tanaman dan Panen.

Bidang Teknik membahas umur teknis peralatan pabrik, perawatan peralatan pabrik, Kapasitas Pabrik, stagnasi pabrik, kalibrasi peralatan pabrik, pengajuan investasi berdasarkan FS, pemakaian sumber daya alam, penggunaan bahan dan upah bangunan rumah, bangunan perusahaan dan rasio jalan, penggunaan alat berat serta penerapan database online peralatan dan inventaris.

Kajian pembahasan Bidang teknologi meliputi mutu bahan baku, mutu produk jadi, pengiriman produk jadi, losis yang diperbolehkan, kebutuhan air dan listrik, pemakaian bahan kimia sebagai bahan pelengkap dan bahan pendukung teknologi, mutu air output water treatment, pemakaia bahan bakar, tenaga kerja, analisa air limbah, air tanah serta mekanisme pembelian bahan baku dari pihak ke III/plasma.

Berdasarkan hasil mapping yang telah dilakkukan, setiap PTPN memiliki keunggulan dalam mengelola komoditasnya, yang apabila keunggulan-keunggulan tersebut dipadukan dan diterapkan, maka dapat dipastikan bahwa Holding BUMN Perkebunan akan menjadi perusahaan yang mendunia.

Source Pembahasan Standarisasi Norma Kerja Bidang Produksi PT Perkebunan Nusantara

Leave A Reply

Your email address will not be published.