Peluang Usaha Besar, Belasan Tahun Memilih Jadi Distributor Pupuk Kaltim

18

02 Mei 2019 | Lantaran memiliki peluang usaha yang besar, I Dewa Made Kucala memilih untuk tetap menjadi distributor Pupuk Kaltim di wilayah Tabanan, Bali. Bermula dari seorang pengecer, kini Dewa mampu memperluas jaringan bisnisnya setelah menjadi distributor Pupuk Kaltim selama hampir 15 tahun lamanya.

Dewa, salah satu distributor Pupuk Kaltim di provinsi Bali tak pernah menyangka akan mampu memiliki bisnis sebesar yang ditekuninya saat ini. Pasalnya, pada awal 2000an dirinya hanya seorang pengecer pupuk. Namun semua berubah saat dirinya ditunjuk untuk menjadi distributor Pupuk Kaltim pada 2004. Hanya dengan modal awal Rp300 Juta, kini Dewa mampu meraih keuntungan hingga Rp100 Juta lebih setiap tahun.

Dewa mengaku untuk menjadi distributor Pupuk Kaltim tidaklah mudah. Dirinya berhasil menjadi distributor Pupuk Kaltim setelah mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali. Rekomendasi tersebut diberikan karena Pemprov Bali dan Pupuk Kaltim menilai Dewa memiliki legalitas, fasilitas dan kemampuan untuk mendistribusikan pupuk bersubsidi ke tingkat kios pengecer. “Ketidakmudahan tersebut terbayarkan dengan semakin luasnya peluang bisnis yang saya peroleh, setelah menjadi distributor Pupuk Kaltim,” kata Dewa.

Lima belas tahun berkecimpung di dunia distribusi pupuk bersubsidi, Dewa mengaku tak pernah menemukan kendala berarti dalam proses penyaluran, hingga stok pupuk di lapangan. Hal tersebut karena terbentuknya komunikasi yang baik antara dirinya dengan berbagai kios pengecer hingga ke tingkat produsen dan gudang penyangga.

Hal senada juga disampaikan oleh Assisstant Account Execoutive (AAE) Pupuk Kaltim wilayah Badung, Bali, Kadek Cipatadi Sujana. Menurut Kadek, permasalahan kelangkaan pupuk, khususnya pupuk bersubsidi di wilayah Bali, sejauh ini tidak pernah ditemukan, bahkan keluhan petani terkait kualitas pupuk yang dihasilkan Pupuk Kaltim pun hampir tidak ada. “Khusus provinsi Bali, alokasi pupuk subsidi terbanyak berada di wilayah Tabanan, sedangkan untuk wilayah Badung sebesar 3.500 ton, dengan potensi pertanian terbesar di wilayah Badung berada di wilayah Mengwi,” kata Kadek.

Untuk memenuhi kebutuhan pupuk bagi para petani di Bali, Pupuk Kaltim menyediakan sebanyak 9 gudang penyangga, 7 distributor dan 163 kios.

Source Peluang Usaha Besar, Belasan Tahun Memilih Jadi Distributor Pupuk Kaltim

Leave A Reply

Your email address will not be published.