Pelindo Lembar Minta Dukungan Legislator Terkait Perizinan

7

05 November 2015

Mataram – PT Pelindo III Cabang Lembar Kabupaten Lombok Barat, NTB meminta dukungan anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo Soekartono agar izin Pelabuhan Gili Mas segera dikeluarkan Kementerian Perhubungan. “Mohon dukungan Bapak agar Pelabuhan Gili Mas ini cepat prosesnya karena infrastruktur ini sangat penting, apalagi lahan sudah memungkinkan,” kata General Manager Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Lembar, Baharuddin, di Lombok Barat, Kamis.

Permintaan dukungan tersebut disampaikan Baharuddin ketika Bambang Haryo Soekartono dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) melakukan kunjungan kerja ke lokasi pembangunan Pelabuhan Gili Mas, di Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Baharuddin mengaku sudah mengajukan permohonan perizinan ke Kementerian Perhubungan sejak Januari 2015, namun hingga saat ini belum ada kejelasan. padahal, rencana induk pelabuhan (RIP) sudah ditentukan.

“RIP sudah ditentukan dan diserahkan ke Kementerian Perhubungan bersamaan dengan analisis dampak lingkungan (Amdal) ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” katanya. Dia mengatakan, Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat sangat mendukung keberadaan Pelabuhan Gili Mas yang akan menunjang upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan industri pariwisata.

Menurut Baharuddin, Pelabuhan Gili Mas difokuskan sebagai tempat sandar kapal pesiar yang membawa penumpang lebih dari 2.000 orang, selain menunjang kegiatan bongkar muat barang. Selama ini, kapal-kapal pesiar yang membawa ribuan penumpang dari berbagai negara tidak bisa bersandar di Pelabuhan Lembar karena ukurannya yang relatif besar. Para penumpang yang sebagian besar orang lanjut usia diangkut ke daratan menggunakan sekoci.

“Kami sudah siapkan lahan 100 hektare, di mana 60 hektare sudah dibebaskan. Tinggal kami menunggu izin dari Kementerian Perhubungan. Jadi mohon dukungan dari anggota DPR RI,” ujar Baharuddin. Menanggapi masalah perizinan tersebut, anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo Soekartono, merasa prihatin dengan kondisi tersebut karena bertolak belakang dengan program Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang menginginkan agar proses perizinan tidak boleh lebih dari tiga jam.

“Permohonan sudah masuk sejak Januari 2015, program Jokowi semua perizinan tidak boleh dari tiga jam. Ini sudah lebih dari tiga jam, tolong direalisasikan dengan benar,” katanya. Bambang berjanji akan membantu memfasilitasi dengan Kementerian Perhubungan agar proyek pembangunan Pelabuhan Gili Mas segera terlaksan sebab, infrastruktur tersebut sangat diharapkan masyarakat NTB untuk menunjang pariwisata demi kemajuan ekonomi daerah. “Permasalahan perizinan saya akan bantu hubungi pak Jonan, untuk segera keluarkan izin karena itu untuk kebutuhan masyarakat NTB,” katanya.

Source Pelindo Lembar Minta Dukungan Legislator Terkait Perizinan

Leave A Reply

Your email address will not be published.