Pelindo Launghing e-Pass Pelabuhan

20

30 Juli 2018 | PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I cabang Tanjungpinang menggelar grand launching e-Pass Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP), Minggu (29/7). Dalam acara tersebut, juga dibagikan kartu e-Pass secara gratis.

Dikesempatan tersebut,Pj Walikota Tanjungpinang, Raja Ariza menyampaikan kepada pihak terkait bahwa pada masa sosialisasi penerapan e-Pass tersebut, ada beberapa keluhan dari masyarakat. Menurutnya, perlu dicarikan solusi agar masyarakat yang merasa keberatan dengan biaya pembelian kartu e-Pass tidak terbebani.

“Sebelumnya memang ada keluhan dari masyarakat saat berangkat melalui Pelabuhan SBP, yang terbebani membeli kartu e-Pass. Jadi tadi dalam sambutan saya sampaikan, mengharapkan pihak BI dan Pelindo bisa memfasilitasi penyediaan kartu tersebut secara gratis. Tetapi untuk saldonya tentu harus diisi sendiri sesuai kebutuhan,” terang Ariza.

Ariza juga menghimbau kepada masyarakat dan penumpang kapal melalui Pelabuhan SBP Tanjungpinang untuk tidak membuang kartu e-Pass tersebut. Karena kartu tersebut bisa digunakan secara terus menerus, namun harus melakukan pengisingan saldo.

“Jangan sampai setiap ingin berangkat beli kartu e-Pass itu, tentu akan memberatkan. Saya juga meminta kepada pihak Pelindo dan perbankan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, agar kartu yang telah dibeli tersebut tidak dibuang. Sampaikan kepada penumpang kartu itu tidak hanya sekali pakai,” jelasnya.

Selain itu, Ariza yang didampingi Sekdako Tanjungpinang Riono, mengapreasi langkah Pelindo dan BI dalam pembangunan menuju smart terminal di Pelabuhan SBP Tanjungpinang. “Tentu kami juga senang dan mengapreasi, karena pelabuhan kita terus berbenah meningkatkan kenyamanan penumpang,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Direktur SDM dan Umum Pelindo I, M Hamid Wijaya menyampaikan sistem nontunai ini merupakan program pertama di Indonesia yang dicetuskan Pelindo I Tanjungpinang. Transaksi non-tunai ini akan meningkatkan kenyamanan penumpang, dikarenakan efisien dan transparan.

“Kedepan terminal SBP akan berkonsep menggunakan kartu atau smart terminal. Dari e-berthing dan e-pass, nanti ada e-tiket untuk tiket kapal, kemudian ada e-parking untuk bayar parkir serta e-food untuk membeli makanan dan minuman didalam pelabuhan dan lainnya,” ujar Hamid yang didampingi GM Pelindo I Tanjungpinang, I Wayan Wirawan.

Diakhirinya, pemberlakuan e-Pass diterapkan pada seluruh terminal, baik domestik maupun internasional. Untuk pembelian saldo, dapat dilakukan di loket pembelian di pelabuhan atau pun di ATM. Dengan saldo minimum Rp10 ribu tanpa biaya transaksi.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, mendukung langkah Pelindo I Tanjungpinang dalam menerapkan sistem nontunai di Pelabuhan SBP ini. Dan pada grand launching e-Pass ini, BI dan perbankkan juga menggelar Kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Gedung Gonggong Kota Tanjungpinang.

Melalui kegiatan tersebut, masyarakat memperoleh kesempatan untuk menukarkan kartu ATM bank yang dimilikinya menjadi kartu berlogo GPN. Dengan menggunakan kartu berlogo GPN diharapkan masyarakat mendapatkan kemudahan untuk melakukan transaksi pembayaran pada seluruh kanal pembayaran yang tersedia, sehingga akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

“Kegiatan ini mengkampanyekan penggunaan uang elektronik atau nontunai. Dengan menggunakan e-Pass ini tentu sistem pembayaran menjadi transparan, aman dan terpercaya serta efisien,” tutupnya.

Source Pelindo Launghing e-Pass Pelabuhan

Leave A Reply

Your email address will not be published.