Pelindo IV Tingkatkan Penerapan ISPS Code

32

05 Februari 2018 —¬†Pelabuhan merupakan tempat pertemuan moda transportasi darat ke laut atau dari laut ke darat dan sebagai tempat perpindahan barang dan orang dalam rangka memenuhi kebutuhan hajat hidup orang banyak. General Manager Pelindo IV Cabang Pantoloan, Moh. Subiyan melakukan peningkatan penerapan International Ship and Port Security Code (ISPS Code) dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Pelabuhan Pantoloan, Kamis, 1 Februari 2018. Dalam kegiatan tersebut, General Manager Cabang Pantoloan membagikan dan memakaikan secara simbolis Alat Pelindung Diri (APD) berupa rompi, safety shoes dan helm safety kepada pegawai dan Security PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Pantoloan.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya peningkatan keamanan dan declair TPK Pantoloan sebagai area terbatas (restricted area) dan area wajib K3. Hal ini telah disosialisasikan lebih awal ke internal Operasional Pelindo 4 dan para pengguna jasa , mitra maupun instansi terkait serta masyarakat sekitar melalui tokoh masyarakat/adat dan Pemerintah setempat pada kesempatan formal maupun informal dengan dukungan penuh dari KSOP Pantoloan.
Di mana, masa sosialisasi sudah dilakukan pada bulan Januari 2018 dan diharapkan pada bulan Maret 2018 efektif diberlakukan.

Peningkatan penerapan ISPS Code dan K3 tersebut mengacu khususnya pada mengenai keamanan pelabuhan yang sejak 1 Juli 2004 telah ditetapkan International Ship and Port Security Code (ISPS Code) yang diberlakukan untuk seluruh dunia. ISPS Code ini bersifat mandatory, artinya mau tidak mau pelabuhan ataupun perusahan pelayaran yang ada di Indonesia harus mengikuti ketentuan keamanan yang diatur ISPS Code tersebut.

General Manager Cabang Pantoloan, Moh. Subiyan, mengatakan PT Pelindo 4 Cabang Pantoloan bertekad memberikan pelayanan menjadi lebih baik dengan motto “WE SERVE TO BE BETTER”.

Source Pelindo IV Tingkatkan Penerapan ISPS Code

Leave A Reply

Your email address will not be published.