Pelindo III Terapkan Sistem Konektivitas Antar-Pelabuhan

24

06 Januari 2016

Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III akan terus menerapkan pelayanan petikemas dengan sistem windows system on schedule di pelabuhan-pelabuhan kelolaannya. Sistem ini layanan ini akan membuat operasional kapal pengangkut peti kemas lebih efisien.

Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto mencontohkan penerapan sistem konektivitas antar-pelabuhan ini yang dilakukan pada November 2015. Pada saat itu telah dibuka rute baru dengan sistem windows yang menghubungkan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan Pelabuhan Makassar. Terdapat dua kapal rute Surabaya-Makasar dan Makasar-Surabaya.

“Dengan sistem konektivitas ini, kapal yang hendak masuk ke kedua pelabuhan tersebut sudah memiliki kepastian jadwal dan lokasi untuk bertambat dan bongkar muat barang,” ujar dia dalam siaran tertulisnya, Rabu (6/1). Selanjutnya, tutur dia, direncanakan rute baru sistem windows akan terkoneksi dengan Pelabuhan Belawan yang dikelola Pelindo I dan Pelabuhan Bitung yang dikelola Pelindo IV dan Pelabuhan Tanjung Priok yang dikelola Pelindo II.

Menurut dia, integrasi sistem layanan peti kemas tersebut akan membuat operasional kapal pengangkut peti kemas lebih efisien, karena jadwal kapal bisa tepat waktu. Terlebih saat ini kegiatan bongkar muat peti kemas domestik baik di Pelabuhan Surabaya dan Makasar terbilang cukup tinggi. “Penerapan windows connectivity membuat waktu yang dibutuhkan kapal untuk menempuh perjalanan antar-pelabuhan akan menjadi lebih cepat dan hal ini mampu menekan biaya logistik,” ujarnya.

Dia menambahkan, sistem ini ditargetkan akan mampu menurunkan turn arraound voyage(TRV) dari semula sekitar delapan hari menjadi enam hari. TRV adalah waktu yang dibutuhkan kapal untuk menempuh perjalanan dari pelabuhan pertama menuju pelabuhan kedua dan kembali ke pelabuhan pertama.

Source Pelindo III Terapkan Sistem Konektivitas Antar-Pelabuhan

Leave A Reply

Your email address will not be published.