Pelindo III Tarik Puluhan Perusahaan AS untuk Berinvestasi di Jawa Timur

7

23 Maret 2016

Surabaya – Pembangunan fasilitas dan peralatan pelabuhan yang dilakukan oleh Pelindo III terus berkontribusi bagi peningkatan perekonomian Indonesia. Terminal Teluk Lamong dan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) menjadi salah satu alasan terkuat untuk 20 perusahaan besar di Amerika Serikat yang berniat untuk menanamkan investasi di Jawa Timur. Hal ini terlihat dari kunjungan 31 delegasi Amerika Serikat (AS) ke Terminal Teluk Lamong dan JIIPE, Rabu (23/3) yang didampingi langsung oleh Direktur Keuangan Pelindo III, U. Saefudin Noer. Saefudin menilai bahwa kunjungan tersebut membuktikan langsung kepada para pelaku bisnis AS tentang fasilitas pelabuhan yang kini dimiliki Jawa Timur.

“Melalui infrastruktur pelabuhan yang baik, AS dapat mengetahui bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk ditanami modal”, ujarnya.

Kegiatan kunjungan 22 perusahaan asal Amerika Serikat tersebut bertemakan “US-East Java, Business Outreach Mission” yang bertujuan untuk mempererat kerjasama terutama di bidang perekonomian. Mereka berasal dari berbagai macam bidang usaha, seperti minyak dan gas, TI, pembangkit listrik, manufaktur, kesehatan, dan lainnya.

Brian McFeeters, Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, menjelaskan bahwa AS sebelumnya belum menemukan sisi menarik untuk berbisnis di Jawa Timur, sehingga hanya 10% investasi Amerika di Indonesia untuk wilayah Jawa Timur. Pria yang sangat concern dengan dunia perekonomian tersebut takjub dengan potensi pelabuhan yang dimiliki Jawa Timur melalui Pelindo III yang diharapkan dapat mengubah pemikiran pelaku bisnis internasional.

“Dengan adanya kunjungan ke Terminal Teluk Lamong, JIIPE, dan wilayah industri di Jawa Timur ini dapat membuka wawasan pelaku bisnis AS bahwa kini Indonesia memiliki infrastruktur pelabuhan yang baik untuk mengembangkan bisnis”, jelasnya.

Brian menambahkan bahwa Pelindo III memiliki lokasi pelabuhan yang sangat strategis sehingga dapat menjangkau seluruh wilayah di Timur Indonesia.

“Sebanyak 70 juta penduduk di wilayah Timur Indonesia  dapat terjangkau dengan pelabuhan yang modern dan terintegrasi seperti Terminal Teluk Lamong dan JIIPE sehingga perusahaan di Amerika dapat menangkap dan membuat bisnis yang berhubungan dengan kepelabuhaan”, ujarnya.

Hubungan bilateral kedua negara dapat terjalin semakin baik melalui potensi bisnis dan perekonomian serta dapat saling menguntungkan antara Amerika dan Indonesia. Kunjungan ke-22 perusahaan besar asal Amerika ke Jawa Timur merupakan kesempatan besar untuk mendongkrak perekonomian bangsa melalui perbaikan dan pembangunan fasilitas dan perbaikan pelayanan seperti yang dilakukan Pelindo III untuk Indonesia.

Source Pelindo III Tarik Puluhan Perusahaan AS untuk Berinvestasi di Jawa Timur

Leave A Reply

Your email address will not be published.