Pelindo III Sosialisasikan Transformasi Digital di Kalimantan

7

20 April 2016

Banjarmasin  Menuju transformasi menjadi ICT-Based Enterprise, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau yang lebih dikenal dengan Pelindo III menyelenggarakan workshop kepada karyawannya untuk regional Kalimantan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (18/4).

“Dulu tiap cabang pelabuhan punya aplikasi kepelabuhanan masing-masing dan sering didapati data inti satu kapal namun berbeda-beda antarcabang,” ungkap Direktur Teknik,

Teknologi Informasi dan Komunikasi Pelindo III, Husein Latief dalam sambutannya. Perbedaan proses bisnis dan aplikasi yang dipakai antarcabang akan distandarisasikan. Pelindo III bertekad melakukan perubahan proses bisnis berlangsung sistematis dan efisien. Ia menambahkan, dengan penerapan ICT-Based Enterprise, pengelolaan operasional masing-masing cabang menjadi terstandar dengan sistem informasi yang seragam. Sehingga setiap unit kerja akan terintegrasi dengan baik dan dapat menyederhanakan proses administrasi yang ada. Enterprise Resource Planning atau disebut ERP merupakan sistem manajemen informasi back end yang terintegrasi untuk mendukung pengelolaan bisnis perusahaan. Sistem ERP ditujukan untuk menjadi tulang punggung dalam peningkatan efisiensi operasi bisnis dan pengambilan keputusan.

”Manfaat dengan penerapan ERP ini adalah nantinya seluruh sistem informasi akan semua cabang akan tersentralisasi, transparan, dan terintegrasi proses bisnisnya sehingga akan mengurangi kompleksitas yang ada,” ungkap Pimpinan Proyek Implementasi ERP, Abdul Rofiq Fanani, pada kesempatan yang sama.

Nantinya Pelindo III menjadi perusahaan yang memiliki standarisasi proses bisnis, budaya kerja yang sistematis dan efektif, serta sistem informasi manajemen yang selaras, tambah Abdul Rofid. Dengan ERP, proses-proses seperti approval nota dapat dilakukan secara online di mana pun dan kapan pun.

“Ke depannya insan pelindo III menjadi sosok yang ramah, cepat tanggap, dan kooperatif. Mereka fokus pada bagaimana memberikan layanan terbaik. Dengan komitmen bersama, Pelindo III bisa bertransformasi menjadi ICT Based Coorporation dan bersiap Go-Live per 1 Januari 2017,” tutup Husein Latief.

Source Pelindo III Sosialisasikan Transformasi Digital di Kalimantan

Leave A Reply

Your email address will not be published.