Pelindo III Siap Bangun Pelabuhan Samudera di Jepara

10

05 November 2015

Jepara PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III setuju untuk membangun pelabuhan samudera di Kabupaten Jepara. Pelabuhan ini diharapkan akan membuka keterisoliran Jepara, sehingga bisa meningkatkan taraf ekonomi dan pembangunan di daerah itu. Rencana pembangunan pelabuhan ini telah diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Jepara dengan PT Pelindo III. “Ini kabar yang menggembirakan karena kami telah teken MoU dengan PT Pelindo III untuk membangun pelabuhan,” kata Wakil Bupati Jepara, Subroto, Selasa (3/11/2015).

Subroto menjelaskan, ada beberapa hal yang membuat PT Pelindo III memberikan respon positif. Di antaranya, kondisi perairan Jepara cukup sesuai untuk dibangun pelabuhan besar. Selain itu, kondisi Pelabuhan Tanjung emas Semarang juga sudah penuh dan sudah saatnya membangun pelabuhan untuk menopang pelabuhan pembantu. “Dari segi lokasi, infrastruktur, ketersediaan energi maupun pembiayaan, Jepara memiliki potensi besar untuk dibangun pelabuhan. Dari sisi lokasi, Jepara memilik perairan sepanjang 85 kilometer, dan pada jarak satu kilometer saja, kedalaman laut sudah mencapai minus 15 meter,” terang Subroto.

Dengan kondisi ini, lanjutnya, tidak perlu ada biaya (cost) yang dikeluarkan untuk mengeruk kolam pelabuhan. Dari segi infrastruktur, saat ini Jepara sudah memiliki jalan nasional. Panjangnya akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Terlebih saat ini juga sudah direncanakan untuk membuat jalan tol dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, melintasi Demak, Jepara, Kudus, Purwodadi, Blora, Bojonegoro, hingga Madiun. “Ini direncanakan agar wilayah yang dilewati jalan tol tersebut akan mengalihkan jalur pengiriman barang ke Jepara. Mengingat jarak ke Surabaya terlalu jauh, sedangkan ke Tanjung Emas saat ini kondisinya sudah penuh sesak,” imbuhnya.

Source Pelindo III Siap Bangun Pelabuhan Samudera di Jepara

Leave A Reply

Your email address will not be published.