Pelindo III Resmi Operasikan Container Crane Ramah Lingkungan

19

07 November 2015

Surabaya – Peningkatan arus barang jenis petikemas di Kawasan Timur Indonesia (KTI) mendorong PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memodernisasi peralatan bongkar muat untuk meningkatkan kinerja bongkar muat di Pelabuhan. Dua unit Ship To Shore (STS) Crane baru atau lazim disebut Container Crane (CC) resmi dioperasikan pada hari Jum’at, 6 Nopember 2015. Kedua STS Crane tersebut melengkapi 3 unit Crane yang sebelumnya telah terpasang di Terminal Nilam Pelabuhan Tanjung Perak.

Aktivitas perdana bongkar-muat pada kapal petikemas domestik Kapal Meratus Kapuas. Volume bongkar muat petikemas sebanyak 762 Teus dengan rincian 412 Teus bongkar dan 350 Teus muat. Sebelumnya Pelindo III telah mengujicobakan 2 Unit Ship To Shore (STS) Crane tersebut untuk melakukan bongkar dan muat petikemas pada kapal KM Teluk Berau (432 Teus) dan KM Pulau Nunukan (433 Teus).

Menurut General Manager Pelindo III Tanjung Perak, Eko Harijadi Budijanto, dua unit STS Crane terbaru ini memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan crane yang sudah ada, yaitu: Kekuatan angkut maksimal mencapai 40 ton, dengan kecepatan bongkar muat petikemas hingga 35 box/crane/hour. Kedua STS Crane ini hanya memerlukan tambahan daya sebesar 2,5 MVA (±1 MVA / Crane). Keduanya juga ramah lingkungan karena menggunakan motor listrik.

Hingga sebelum 2017, Pelindo III menargetkan seluruh Container Crane (CC) yang beroperasi di pelabuhan Tanjung Perak sudah menggunakan listrik sebagai penggeraknya. Target ini sesuai dengan visi eco green port atau sustainable port Pelabuhan Tanjung Perak.

Source Pelindo III Resmi Operasikan Container Crane Ramah Lingkungan

Leave A Reply

Your email address will not be published.