Pelindo III raih Zero Accident Award 2015

27

23 September 2015

Jakarta –  PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memperoleh Penghargaan K3 Keselamatan Zero Accident Award dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, Kamis (10/9/2015) lalu. “Kami sangat berterima kasih atas penghargaan ini. Pada dasarnya pengembangan program-program safety induction di perusahaan, bukan sekadar memenuhi persyaratan perundangan saja. Tapi juga tanggung-jawab moral setiap pengelola perusahaan,” kata General Manager Pelindo III Cabang Banjarmasin, Hengky Jajang Herasmana.

Penghargaan K3 diberikan kepada perusahaan di mana tidak pernah terjadi kecelakaan kerja yang menghilangkan waktu kerja minimal tiga tahun berturut-turut. Termasuk telah tercapainya jam kerja tanpa kecelakaan, yang menghilangkan waktu kerja sesuai besar kecilnya perusahaan berikut risiko pekerjaan. Laporan Lembaga Audit SMK3 menyebutkan, penerima Penghargaan K3 pada 2015 seluruhnya berjumlah 1600 perusahaan. Adapun audit terhadap Pelindo III Cabang Banjarmasin, terhitung dari 1 Januari 2012-31 Desember 2014. Sedangkan Cabang Kota Baru, terhitung mulai 1 Januari 2009-31 Desember 2014 terdaftar sebagai perusahaan nihil dari kecelakaan.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menyatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap perusahaan yang terus menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Penghargaan yang diraih Pelindo III, menurut dia merupakan wujud kinerja perusahaan BUMN yang patut diapresiasi. “Bila potensi bahaya yang ada berhasil dikendalikan sampai batas standar aman, maka tercipta kondisi kerja yang nyaman, aman dan sehat sehingga proses produksi dapat berjalan lancar,” kata Hanif dalam sambutannya, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Pelindo III merupakan salah satu BUMN dengan core bisnis jasa petikemas, atau container berisiko tinggi. Adanya penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang baik, merupakan salah satu cara untuk menekan angka kecelakaan di tempat kerja.

Source Pelindo III raih Zero Accident Award 2015

Leave A Reply

Your email address will not be published.