Pelindo III Menuju ICT-Based Enterprise

20

21 Maret 2016

Banjarmasin – Trasnfromasi di berbagai sektor terus dilakukan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Ini dilakukan perusahaan plat merah ini untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Seiring perkembangan zaman sekarang yang menuju era digital, Pelindo III bergerak menuju Information Communication Technology (ICT) Enterprise. Pelindo III bertekad melakukan perubahan menuju standarisasi proses bisnis yang sistematis dan efesien.

Dengan penerapan ICT Enterprise, pengelolaan operasional masing-masing cabang menjadi terstandar dengan sistem informasi yang seragam. Sehingga setiap unit kerja akan terintegrasi dengan baik dan dapat menyederhanakan proses administrasi yang ada. Di Pelabuhan Banjarmasin, perubahan dan penyelarasan sistem informasi perusahaan ditandai dengan pelaksanaan aplikasi Gen-C. Gen-C adalah aplikasi bongkar muat, penumpukan dan pengeluaran barang yang berbasis web dan bersifat real activity base. Dengan Gen-C, para pengguna jasa dan pelayaran dapat memonitor kegiatan bongkar muat kapal general cargo secara real time.

Pelabuhan Banjarmasin mulai menerapkan aplikasi Gen-C sejak 17 Maret 2016 untuk kapal-kapal general cargo yang berkegiatan di Pelabuhan Trisakti dan Martapura Baru. “Penerapan aplikasi ini dilakukan di seluruh cabang Pelindo III. Untuk Pelabuhan Banjarmasin, merupakan salah satu pelabuhan yang pertama dalam melakukan penerapan aplikasi bongkar muat ini. Penerapan aplikasi ini dilakukan di Terminal Trisakti dan Terminal Martapura Baru” ungkap General Manager Pelindo III Banjarmasin, Hengki Jajang Herasmana, Senin (21/3/2016) lalu.

Ditambahkan Hengki bahwa penerapan aplikasi Gen-C selain bertujuan untuk memantau arus barang yang keluar dan masuk di Pelabuhan Banjarmasin, juga untuk penataan terminal-terminal yang ada di Pelabuhan Trisakti. Sehingga Pelabuhan Banjarmasin menjadi pelabuhan yang berkonsep modern dan tertib. Hengki menyatakan bahwa penerapan Gen-C ini sejalan dengan visi penataan Pelabuhan Banjarmasin. Dengan diterapkannya aplikasi Gen-C di Pelabuhan Banjarmasin, di mana hanya angkutan yang memiliki Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) yang diizinkan untuk masuk ke area Pelabuhan Trisakti dan Pelabuhan Martapura Baru.

Tentunya hal ini menjadikan area terminal di Pelabuhan Banjarmasin lebih tertata karena hanya angkutan-angkutan yang benar-benar bekerja yang berada di area terminal. “Ini sejalan dengan semangat penataan Pelabuhan Banjarmasin yang telah kita lakukan seperti penataan roda dua di area Trisakti, penerapan pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) dan restricted area,” tutup Hengki.

Source Pelindo III Menuju ICT-Based Enterprise

Leave A Reply

Your email address will not be published.