Pelindo III mengaktifkan kembali layanan kereta kontainer untuk mengurangi hunian

25

05 Mei 2015

Operator pelabuhan negara PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III diaktifkan kembali pada hari Kamis layanan kereta kontainer di Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, Jawa Timur, untuk mengurangi waktu tinggal, saat ini lima hari. Direktur Utama Pelindo III Djarwo Surjanto mengatakan satu faktor yang menyebabkan waktu tunggu yang panjang untuk kontainer internasional adalah terbatasnya transportasi yang tersedia. Saat ini, pemilik barang dan forwarder masih mengandalkan truk untuk mengambil kontainer dari pelabuhan, tambahnya.

“Kemacetan lalu lintas dan sejumlah truk terbatas adalah salah satu hal yang menyebabkan kontainer tidak dibawa keluar dari pelabuhan dengan cepat,” katanya dalam sebuah pernyataan pers. “Meskipun mungkin sudah ada izin dari Kantor Bea dan Cukai, selama tidak ada transportasi, barang akan duduk di pelabuhan.” Djarwo berbicara di sela-sela upacara untuk mengaktifkan kembali layanan kereta barang. Dia mengatakan saat ini lalu lintas peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak telah mencapai 3,1 juta unit setara dua puluh kaki (TEUs) dengan 1,2 juta TEUs diambil oleh kontainer internasional.

Diharapkan bahwa angka itu akan tumbuh 10 persen tahun ini. Juru bicara Pelindo III Edi Priyanto mengatakan kereta kargo sudah ada sejak 1994 sebelum berhenti beroperasi pada 2004. Kereta kargo yang diaktifkan kembali akan melayani rute Surabaya-Jakarta dengan layanan dua kali sehari, tambahnya. “Operator kereta api adalah PT Kereta Api Logistik bekerja sama dengan anak perusahaan Pelindo III, PT Terminal Petikemas Surabaya,” katanya. PT Kereta Api Logistik adalah anak perusahaan dari operator kereta api negara PT Kereta Api Indonesia. Kereta akan dilengkapi dengan 15 hingga 30 mobil yang mampu mengangkut kontainer berukuran 40 kaki. Kapasitas tahunan diperkirakan mencapai 43.800 TEUs. Edi mengatakan bahwa selama tahap pertama, prioritas akan diberikan untuk mengambil kembali kontainer yang membawa produk pertanian.

Source Pelindo III mengaktifkan kembali layanan kereta kontainer untuk mengurangi hunian

Leave A Reply

Your email address will not be published.