Pelindo III Luncurkan Kegiatan Edukatif di Pelabuhan Tanjung Perak

7

02 Mei 2016

Surabaya – Dalam dunia bekerja, dilatih atau diajar oleh atasan adalah hal yang biasa. Namun bagaimana jika bawahan yang mengajar atasan? Itu baru luar biasa. Hal itu terjadi saat Pelindo III meresmikan Pusat Pelatihan dan Pengembangan (Puslatbang) atau Training and Development Center (TDC) di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (2/5).

Peresmian fasilitas belajar untuk karyawan tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei 2016. Pada kelas pertama yang diadakan di Puslatbang itu, GM Pelindo III Tanjung Perak Joko Noerhudha turut hadir dan duduk sebagai penerima materi layaknya murid. Sedangkan, ‘gurunya’ ialah Deputi Bidang Operasi dan para manager yang mengajar bergantian.

“Dengan begini saya jadi mendapat banyak pengetahuan baru tentang seluk beluk bidang keuangan,” kata Joko Noerhudha

usai mendengarkan penjelasan dari Manager Keuangan, Budi Satriyo. Setelah manager keuangan, selanjutnya giliran Manager Teknik Danuwarsa yang mengajar tentang proses pekerjaan yang dilakukan pada Divisi Teknik.

“Mulai dari proses pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB), desain, pelelangan, hingga pengerjaan. Jadi harus runtut dan akurat,” ujarnya.

“Berdirinya Puslatbang menjadi inovasi Pelindo III di Pelabuhan Tanjung Perak, mengingat adanya keterbatasan wadah pendidikan dan pelatihan bagi SDM kepelabuhanan di Indonesia,” jelas Joko lagi.

Ia mengungkapkan, adanya Puslatbang merupakan jawaban dari tantangannya kepada Manager SDM dan Umum Syafiudin untuk mencari cara dalam meningkatkan nilai aset perusahaan yang terkandung dalam diri SDM-nya. Joko menambahkan bahwa salah satu komponen agar menjadi operator terminal terpilih yaitu human capital readiness.

“Pelabuhan Tanjung Perak harus menjadi the chosen terminal operator yang harus mengimplementasikan port readinessport competitiveness, dan human capital readiness”, terangnya.

Ia menghimbau kepada jajaran manajemen bahwa pengembangan kompetensi karyawan tidak hanya aspek manajerial saja, tetapi juga aspek operasional (hard competency). Selain itu, jajaran manajerial perlu dilibatkan dalam kegiatan pelatihan dan pengembangan SDM, guna mentransfer pengetahuan dan pengalaman mereka kepada para karyawan yang lebih luas. Kelas pertama Puslatbang tersebut dihadiri oleh sekitar 60 orang, mulai dari jajaran manajerial di Pelabuhan Tanjung Perak, staf, hingga anggota pengamanan pelabuhan (port security). Keterlibatan seluruh elemen karyawan tersebut ditujukan agar menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya peningkatan kompetensi dan pemeliharaan motivasi kerja SDM.

“Pelindo III tidak hanya concern terhadap program edukatif kepada masyarakat luas, seperti terlihat karena seringnya memfasilitasi kunjungan studi berbagai institusi ke pelabuhan-pelabuhannya. Tapi tentunya sangat peduli terhadap kebutuhan karyawannya utnuk meningkatan kompetensi dan kemampuan SDM-nya, baik tenaga operasional maupun non-operasional”, kata Kahumas Pelindo III Tanjung Perak Oscar Yogi Yustiano.

Karena peran karyawan penting dalam mengimplementasikan misi perusahaan, yakni menciptakan SDM yang  berkompeten, berkinerja handal, dan berbudi pekerti luhur. Program I Love Monday (ILM) Dalam kesempatan yang sama, Pelindo III juga meresmikan Program Love Monday guna menumbuhkan motivasi karyawan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Hari Senin dianggap sebagai momok, apalagi setelah melewatkan masa akhir pekan yang sangat menyenangkan. Kini kita isi dengan kegiatan yang produktif,” ujar Manager SDM dan Umum Mohammad Syafiudin.

“Dengan program ini, Pelindo III berharap karyawan memiliki motivasi yang kuat dalam bekerja, karena tidak hanya mencari materi (cash) dan karir (career), melainkan juga panggilan (calling) sebagai umat Tuhan Yang Maha Esa untuk menjadi insan yang berguna,” tambahnya.

Usai peresmian TDC dan peluncuran program ILM, Pelindo III juga memberikan penghargaan kepada para karyawan berprestasi. mereka ialah enam petugas pemadam kebakaran dan tiga orang karyawan yang sering meluangkan waktu untuk menjadi pemateri dalam kegiatan sharing knowledge serta kelas mengajar para manager.

Source Pelindo III Luncurkan Kegiatan Edukatif di Pelabuhan Tanjung Perak

Leave A Reply

Your email address will not be published.