Pelindo III Jajaki Wisata MICE dari Pelabuhan

12

01 Maret 2016

Surabaya – Berakhir sudah rangkaian kegiatan Pre Launching Surabaya North Quay (SNQ) yang diselenggarakan oleh PT Pelindo Properti Indonesia dan Radio Suara Surabaya di Gedung Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN), Senin (29/02/2016). Perhelatan yang berupaya memperkenalkan GSN sebagai wahana rekreasi baru di Surabaya Utara ini mampu menyedot minat masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Pengunjung memanfaatkan hari terakhir penyelenggaraan SNQ untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti: berfoto dengan latar kapal pesiar MS Rotterdam, menikmati hidangan khas Jawa Timur di festival kuliner, menikmati pertunjukan seni tradisional maupun modern hingga berbelanja suvenir cantik buatan lokal.

Tingginya antusiasme masyarakat terhadap acara hiburan sekelas SNQ menjadi indikator peluang ekspansi peruntukan GSN selain sebagai terminal penumpang kapal laut. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III Cabang Tanjung Perak pun mulai menjajaki potensi wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, Event) di Pelabuhan Tanjung Perak melalui GSN. Wisata MICE memang masih terbilang baru di Indonesia. Motif wisatawan berkunjung ke Indonesia masih didominasi oleh dorongan untuk menyaksikan kebudayaan Indonesia.

“Sebanyak 60 persen karena budaya, 35 persen karena alam atau nature, dan 5 persen karena man-made, seperti MICEsport tourismshowbiz, dan buatan manusia lainnya,” kata Arief Yahya,

Menteri Pariwisata, sebagaimana dilansir oleh Harian Pikiran Rakyat (18/02/2016). Jika dikonversikan dengan capaian jumlah wisatawan asing tahun 2015, maka kontribusi sektor MICE sebesar 520.338 orang. Mencermati hal tersebut, Pelindo III Cabang Tanjung Perak masih berpeluang besar menggarap wisata MICE melalui optimalisasi fungsi GSN sebagai tempat penyelenggaraan (venue).

“Sepanjang tahun 2016, GSN sudah menjadi venue untuk penyelenggaraan MICE, yaitu Maritime Development Workshop in East Java(tanggal 15 Januari 2016), Pertemuan Forum Komunikasi Hotel dan Media (FKHM) (22 Januari 2016) dan Surabaya North Quay (27-29 Februari 2016),” papar Oscar Yogi,

Kahumas Pelindo III Cabang Tanjung Perak ditemui di sela-sela acara SNQ. Bahkan, menurut dia, kegiatan SNQ menjadi katalisator munculnya even-even rekreatif dan eksibisi di masa mendatang.

“Responnya luar biasa. Sejumlah pengusaha dan pegiat komunitas malah berminat menggelar kegiatan gathering maupun pemasaran di GSN,” katanya penuh antusias.

Lokasi GSN yang terletak di tepi paling utara Jawa Timur memang menjadi keunikan tersendiri sebagai venue MICE. Para peserta atau pengunjung dapat menikmati suasana pelabuhan Tanjung Perak mulai dari wilayah perairan, Pulau Madura, Jembatan Suramadu, Patung Jalesveva Jayamahe sampai dengan pemandangan crane pelabuhan. Bahkan, Pelindo III Cabang Tanjung Perak siap melengkapi keunikan tersebut dengan tur pelabuhan yang memang sarat dengan nilai historis. Sesuatu yang belum dapat ditawarkan oleh hotel-hotel dan gedung pertemuan di Surabaya. GSN juga memiliki area terbuka berupa atap taman (garden roof)yang mampu mendekatkan para peserta atau pengunjung dengan kondisi nyata Pelabuhan Tanjung Perak.

Sebagai BUMN kepelabuhanan yang berkedudukan di Surabaya, Pelindo III turut berperan aktif dalam menumbuhkan sektor pariwisata daerah, seperti mendorong PT Pelindo Marine Service untuk mengembangkan wisata kapal pesiar, yaitu Artama Harbour Cruise. Kemudian, Pelindo III juga turut berkontribusi dalam revitalisasi wahana akuarium di Kebun Binatang Surabaya (KBS) serta peluncuran Kampung Maspati.

Source Pelindo III Jajaki Wisata MICE dari Pelabuhan

Leave A Reply

Your email address will not be published.