Pelindo III Jadi Ikon Industri Tata Ruang dan Pertahanan Jatim

28

10 April 2016

Surabaya  – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau yang biasa disebut dengan Pelindo III, menjadi salah satu ikon industri di Jawa Timur yang dipamerkan pada peresmian Galeri Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi Jawa Timur. Bertempat di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bappeda Jatim), Pelindo III dianggap memenuhi persyaratan struktur penataan ruang serta didukung penuh oleh pemerintah pusat dan daerah.

Kegiatan peresmian Galeri Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi Jawa Timur dilakukan pada hari Sabtu (9/4) oleh Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Agraria dan Tata Ruang RI. JIIPE (Java Integrated Industrial and Port Estate), Terminal Teluk Lamong serta Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara menjadi tiga ikon Pelindo III yang ditampilkan pada peresmian tersebut.

Galeri Tata Ruang dan Pertanahan merupakan sebuah keterbukaan informasi publik yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk memberikan panduan dan pengetahuan kepada masyarakat tentang penggunaan tata ruang serta perencanaan wilayah yang sedang dilakukan oleh pemerintah.

“Galeri tersebut merupakan inisiatif dari Pemerintah Jawa Timur untuk memberikan informasi publik tentang penggunaan tata ruang dan industri yang sedang dikembangkan di Jawa Timur”, jelas Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Terminal Teluk Lamong dinilai memiliki tata ruang, proses perijinan dan reklamasi yang memenuhi syarat serta didukung oleh pemerintah daerah.

“Seharusnya Jakarta meniru Teluk Lamong. Mulai dari proses reklamasi dan urutan perizinan sampai muncul Amdal”, ujar Jehansyah Siregar,

Dosen Kelompok Keahlian Perumahan Pemukiman Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan  Institut Teknologi Bandung. Ketiga industri milik Pelindo III tersebut dapat dilihat dan diakses di Galeri Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi Jawa Timur sehingga masyarakat dapat mengetahui tentang pelabuhan dan industri yang sedang berkembang di Jawa Timur.  Pelindo III memberikan contoh positif bagi pelaku bisnis lain bahwa proses perizinan, pembangunan dan pengembangan industri harus melalui prosedur yang sesuai serta mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah pusat dan daerah.

Source Pelindo III Jadi Ikon Industri Tata Ruang dan Pertahanan Jatim

Leave A Reply

Your email address will not be published.