Pelindo III Harus Punya Daya “Endus”

32

05 April 2016

Surabaya – Sebagai perusahaan yang senantiasa tanggap terhadap perubahan dan kebutuhan masyarakat terutama pelanggannya, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau yang biasa disebut Pelindo III selalu berupaya memperbaiki kekurangan yang ada guna meningkatkan mutu untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Hal itu dibuktikan dengan digelarnya Rapat Kerja Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak pada tanggal 1-3 April 2016 di Tretes yang mengambil tema Towards a Sustainable Port with Outstanding Services yang artinya, menuju pelabuhan berkesinambungan dengan layanan yang prima.

Melalui rapat kerja ini, Pelindo III juga mengundang motivator tamu Hendrik Lim, untuk memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh peserta raker agar dapat terus memiliki kinerja yang optimal dengan tetap mengedepankan pelayanan yang maksimal.

“Pelindo III perlu memiliki daya ‘Endus’ (daya penciuman) dalam rangka menghadapi era persaingan. Utamanya, untuk mencium peluang-peluang yang datang. Oleh karena itu, Pelindo III perlu memiliki keunggulan (value creation) di dalam menjalankan bisnisnya. No value creation no business,’’ ujar Hendrik Lim.

Untuk menjadi perusahaan yang memiliki daya ‘Endus,’ lanjut Hendrik, perusahaan perlu menyeimbangkan antara manajemen dan entrepreneur. Manajemen adalah proses seperti kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), administrasi, kesiapan fasilitas dan lainnya. Sedangkan, entrepreneur adalah upaya atau kesigapan untuk menangkap peluang bisnis.

’’Keduanya memiliki pakem yang berbeda. Manajemen sebagai proses. Sedangkan, entrepreneur adalah endus, bidik dan tangkap,’’ jelasnya.

Pria berkacamata ini menambahkan, bahwa untuk memenangkan persaingan, Pelindo III perlu mengetahui kebutuhan dari para konsumennya, yang termasuk diantaranya kendala atau permasalahan dari para konsumen. Dengan mengetahui kebutuhan para konsumennya, Pelindo III dapat menemukan peluang atau kesempatan bisnis untuk melayani konsumen dengan lebih baik.

Para peserta raker diikuti oleh seluruh pejabat struktural di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak mulai dari General Manager, para Deputi, para Manager, Asman dan Supervisor. Acara Raker yang dimulai pada tanggal 2 April 2016 diisi dengan presentasi dari masing-masing divisi. Presentasi meliputi capaian 2015, program kerja 2016 dan permasalahan. Kemudian, pada malam harinya, para peserta mengikuti gala dinner dengan hiburan pentas seni dari masing-masing divisi. Keesokan harinya, para peserta diajak untuk ikut out bound.

’’Semoga dengan acara raker ini dapat menumbuhkan rasa kebersamaan sekaligus kekompakan di dalam mencapai target perusahaan ke depan,’’ ujar General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak, Joko Noerhudha.

Source Pelindo III Harus Punya Daya "Endus"

Leave A Reply

Your email address will not be published.