Pelindo III Hadirkan 14.000 Paket Sembako Murah di Kalteng

16

01 Juli 2016

Palangkaraya – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menggelar Pasar Murah yang menjual 14.000 paket sembako di 14 kabupaten/kota se-Provinsi Kalimantan Tengah, secara serentak Jumat (24/6). Bahkan pada beberapa kabupaten, Pasar Murah tersebut digelar di dua lokasi sekaligus untuk jemput bola mendekatkan dengan kantong domisili masyarakat yang membutuhkan.

Setiap paket sembako yang berisi 10 kilogram beras, 2 kilogram gula pasir, dan 2 liter minyak goreng tersebut, dijual kepada masyarakat yang membutuhkan seharga Rp25.000,- saja. Sebelumnya Pelindo III bersama Dinas Sosial Pemprov, Pemkot/Pemkab di Provinsi Kalimantan Tengah telah berkoordinasi untuk memilah masyarakat yang berhak membeli paket sembako murah.

“Tak kurang 1.000 warga di tiap kabupaten/kota dapat menikmati rezeki sembako murah pada hari Jumat di bulan Ramadhan ini,” kata Direktur SDM dan Umum Pelindo III, Toto Heliyanto, yang ditemui di sela acara di Palangkaraya.

Lokasi penjualan Sembako Murah tersebut dipusatkan pada 14 kota/kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah meliputi Pulang Pisau, Kapuas, Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur, Kota Waringin Timur, Katingan, Gunung Mas, Murung Raya, Palangkaraya, Seruyan, Kotawaringin Barat, Sukamara dan Lamandau. BUMN kepelabuhanan yang mengelola sejumlah pelabuhan pada tujuh Provinsi dan salah satunya berada di Provinsi Kalimantan Tengah, seperti Pelabuhan Sampit dan Pelabuhan Kumai. Tidak hanya menghadirkan Pasar Murah. “Pada kesempatan yang berbahagia ini, Pelindo III juga menyantuni ribuan anak yatim piatu serta dhuafa di kawasan Kalimantan Tengah ini. Setiap anak menerima Rp100.000,- agar mereka juga turut bersukacita dan menerima manfaat dari Safari Ramadhan BUMN,” tambahnya.

Kementerian BUMN menginisiasi kegiatan Safari Ramadhan dengan tiga aksi sosial, yakni Pasar Murah, Pemberian Santunan untuk Anak Yatim Piatu dan Dhuafa, serta Kegiatan Istighotsah. Kegiatan tersebut digelar secara serentak di ratusan kabupaten/kota se-Nusantara yang juga merupakan rangkaian program BUMN Hadir untuk Negeri. Toleransi Beragama Dana yang dihimpun dari hasil penjualan 14.000 paket sembako murah tersebut akan disalurkan sebagai donasi kepada rumah-rumah ibadah yang membutuhkan bantuan di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Rumah ibadah yang menerima penyaluran dana tidak hanya masjid, namun juga gereja seperti misalnya di Kabupaten Murung Raya dan rumah ibadah penghayat Kaharingan di Kabupaten Katingan. Pelindo III turut merawat toleransi melalui aksi sosial agar menginspirasi masyarakat,” ungkap Toto Heliyanto.

Selain aksi sosial yang dikoordinasikan oleh Kementerian BUMN, Pelindo III telah rutin membagikan bantuan untuk masyarakat yang ada di sekitar wilayah kerjanya pada tujuh provinsi di Indonesia. Penyaluran bantuan tersebut dalam bingkai Program Bina Lingkungan dan Program Kemitraan untuk para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

“Kami berharap kehadiran Pelindo III tidak hanya sebagai intregrator logistik bagi kebutuhan masyarakat Kalimantan yang terus tumbuh, tetapi juga turut menyejahterakan masyarakat di sekitar pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III,” pungkas Toto Heliyanto.

Sembako Gratis Pelindo III Sepanjang tahun 2016 hingga bulan Ramadhan ini, Pelindo III telah membagikan tak kurang dari 28.875 paket sembako gratis yang disalurkan melalui 17 kantor cabang kepada masyarakat di sekitar pelabuhan-pelabuhan yang dikelolanya.

“Kegiatan tersebut menjadi bagian dari Program Bina Lingkungan sebagai wujud kepedulian Pelindo III kepada masyarakat di sekitar pelabuhan. Alokasi dana yang disiapkan untuk aksi sosial tersebut mencapai Rp 2,6 miliar,” tambah Toto Heliyanto.

Berbeda dari kegiatan Pasar Murah, Program Sembako Gratis tersebut merupakan agenda rutin Pelindo III  untuk membantu masyarakat sekitar  yang membutuhkan. Tak hanya masyarakat sekitar, namun juga tenaga kerja yang ada di sekitar lingkungan pelabuhan seperti tenaga kebersihan, kuli angkut dan tenaga kerja bongkar muat (TKBM), juga tak luput dari perhatian Pelindo III.

Source Pelindo III Hadirkan 14.000 Paket Sembako Murah di Kalteng

Leave A Reply

Your email address will not be published.