Pelindo III Dukung Penguatan Ekonomi Kerakyatan Melalui UMKM

11

01 Maret 2016

Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menyatakan perlunya penguatan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Hal itu diungkapkan Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto di tengah-tengah acara CSR Award 2016, di Jakarta, Senin (29/2) malam. Menurut Toto, UMKM merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perekonomian nasional. Keberadaannya dapat membantu terciptanya masyarakat yang mandiri dan lapangan pekerjaan.

“Masyarakat kita itu sangat kreatif, banyak ide-ide untuk membuka suatu usaha dan itu harus kita dukung. Itu bisa menjadi sumber pendapatan bagi mereka dan membuka lapangan pekerjaan di sekitarnya,” katanya.

Keberadaan UMKM yang mandiri dan mampu menyerap tenaga kerja dapat meningkatkan taraf hidup di sebuah wilayah.  Pelindo III sebagai suatu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sangat aktif dalam membina UMKM khususnya di daerah yang menjadi wilayah kerjanya.

“Kami rutin membina UMKM dari memberi bantuan modal, pelatihan produksi, pelatihan manajemen, pemasaran, hingga kami ajak pameran untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat,” tambah Toto Heli Yanto.

Pada kesempatan berbeda, Sekretaris Perusahaan Pelindo III Yon Irawan menjelaskan, UMKM binaan Pelindo III tersebar pada tujuh provinsi di Indonesia. Saat ini melalui program kemitraannya, setidaknya ada sekitar 2.559 UMKM yang masih aktif dan tercatat sebagai mitra binaan Pelindo III. Usaha yang dijalankan oleh para mitra ini beragam, di antaranya seperti pembuatan sepatu, makanan, batik, pakaian, aksesoris, kerajinan sangkar burung, dan lain sebagainya.

“Tahun lalu kami menyalurkan dana untuk program kemitraan tak kurang dari Rp 7,61 miliar. Dalam lima tahun terakhir (2011-2015) kalau ditotal yang sudah kami salurkan sebesar Rp 71,68 miliar,” katanya.

Salah satu mitra binaan Pelindo III yang cukup sukses adalah usaha pembuatan sepatu yang dijalankan oleh Kuncoro yang berlokasi di Sidoarjo.  Jenis sepatu yang diproduksi oleh Kuncoro beragam mulai dari sepatu kets hingga sepatu militer.  Bahkan, Kuncoro melayani pesanan perorangan sesuai dengan model yang diinginkan oleh pemesan.

“Pak Kuncoro rutin menerima order sepatu militer dari Mabes TNI dan Mabes Polri, tentu dengan jumlah yang cukup banyak,” lanjutnya.

Tak hanya membantu mitra binaan secara orang per orang, Pelindo III juga memiliki kampung binaan, yakni Kampung Maspati yang merupakan kampung dengan banyak bangunan bersejarah di jantung kota Surabaya, Jawa Timur.

“Belum lama ini Kampung Maspati diresmikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai destinasi wisata baru. Pelindo III mendukung pelestarian bangunan bersejarah di Kampung Maspati dengan mendukung warga untuk memiliki usaha mandiri dan sistem pemberdayaan masyarakat, sehingga tidak menjual bangunan rumahnya,” jelas Yon Irawan.

CSR Award Atas peran serta dalam membina UMKM di Indonesia, Pelindo III dianugerahi Penghargaan CSR Award 2016 untuk kategori UMKM. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM A.A. Puspayoga di Jakarta, Senin (29/2) malam.  CSR Award merupakan acara pemberian penghargaan kepada perusahaan pelaksana CSR yang terbagi dalam 5 kategori, yakni UMKM, Pemberdayaan Ekonomi, Pendidikan, Lingkungan, dan Kesehatan.

Source Pelindo III Dukung Penguatan Ekonomi Kerakyatan Melalui UMKM

Leave A Reply

Your email address will not be published.