Pelindo III Dukung Edukasi Maritim TNI AL di Pelabuhan Banjarmasin

24

26 Mei 2016

Banjarmasin – Sebanyak 1.400 prajurit TNI AL yang mengikuti kegiatan Wira Jala Yudha III 2016 tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kamis (26/5) siang. Para prajurit tersebut merupakan para siswa yang sedang menjalani pendidikan di Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal). Kedatangan mereka dengan melibatkan dua kapal perang milik TNI AL yaitu KRI Makassar-590 dan KRI Teluk Sangkurilang-542 dan disambut oleh Komandan Kobangdikal (Dankobangdikal) Laksmana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno, Dankodik Opsla Laksmana TNI Semi Jhoni Putra, General Manager Pelindo III Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana, dan unsur pimpinan Muspida Kota Banjarmasin.

Kedatangan siswa Kobangdikal di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin disambut oleh upacara selamat datang dan tarian adat khas Kalimantan Selatan, Tari Baksa Kembang, sebagai ungkapan selamat datang dan wujud kehangatan warga Banjarmasin dalam menyambut rombongan prajurit AL.  Komandan KRI Makassar-590 Kolonel Laut (P) Imam Teguh diberi kalungan bunga oleh salah satu penari.

Siswa yang mengikuti praktik Wira Jala Yudha III 2016 tersebut berasal dari berbagai satuan dan jurusan yang terdiri dari anggota marinir, siswa pelaut, mesin, elektronik, pomal, kesehatan dan tata graham (juru masak). Praktik pelayaran Wira Jala Yudha III 2016 dilaksanakan selama 14 hari mulai dari tanggal 17-31 Mei 2016 dengan kota awal latihan adalah Asembagus, Jawa Timur, kemudian dilanjut ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan berakhir di Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Ada tiga lokasi pelatihan yang kami tuju yaitu latihan pendaratan pasukan marinir di Asembagus, kemudian latihan praktik pelayaran di Banjarmasin dan Balikpapan,” ungkap Dankobangdikal Tri Wahyudi Sukarno.

Ia melanjutkan bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk melatih siswa untuk menjadi prajurit profesional.

“Mereka yang mengikuti pendidikan adalah siswa Bintara I, Bintara Pembentukan, Dan Perwira Pembentukan,” tambahnya.

Selain praktik pendidikan, para siswa Kobangdikal yang berjumlah ribuan itu dihibur dengan panggung prajurit dan kemudian melakukan aksi kebersihan di area Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. General Manager Pelindo III Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana pada kesempatan tersebut turut menyatakan dukungan Pelindo III atas kegiatan Wira Jala Yudha III 2016 yang diadakan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

“Kami harapkan dengan sinergi antara TNI AL dengan Pelindo III di Banjarmasin, dapat mensukeskan program Wira Jala Yudha III 2016 yang merupakan salah satu bentuk edukasi maritim terhadap siswa Kobangdikal. Selain itu hal ini dapat lebih memperkenalkan kekuatan maritim kita kepada masyarakat,” ujarnya.

Source Pelindo III Dukung Edukasi Maritim TNI AL di Pelabuhan Banjarmasin

Leave A Reply

Your email address will not be published.