Pelindo III Dorong Penyediaan SDM Kepelabuhanan

24

02 Maret 2016

Surabaya – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III mendorong pengembangan pelatihan ilmu kepelabuhanan dengan meluncurkan Stiamak Training Management (STM) di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (4/3). “Pelindo III mengakomodir kebutuhan tenaga kerja di bidang kepelabuhanan untuk mendukung kemajuan Indonesia sebagai bangsa maritim,” kata Direktur SDM dan Umum Pelindo III, Toto Heli Yanto, dalam sambutannya di acara peresmian tersebut.

STM tersebut dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhanan (Stiamak) Barunawati milik Yayasan Barunawati Biru Surabaya (YBBS) yang dinaungi oleh Pelindo III. “STM merupakan lembaga pelatihan dan pemberdayaan profesi untuk mewadahi pelatihan non jenjang atau pelatihan profesi. Karena keberadaan institusi pendidikan dan sertifikasi menjadi elemen penting untuk menyediakan SDM yang berkualitas bagi industri maritim,” jelasnya.

Ketua YBBS Tarjono Rogosuwito pada kesempatan yang sama memaparkan beberapa pelatihan yang siap dilayani oleh STM. Di antaranya yaitu Diklat Terminal Operator dan Diklat Foreman. Sementara untuk sertifikasi ada IMDG Code, ISPS code, dan operator radio. Selain itu juga ada pelatihan Customer Service Excellence serta Training MPP (Masa Persiapan Pensiunan).

Jajaran manajerial Pelindo III juga akan hadir sebagai pengajar yang berkompeten, karena merupakan praktisi langsung dari bisnis pelabuhan. Pelindo III yang mengelola 43 pelabuhan di 7 provinsi dan sejumlah anak usahanya juga sekaligus calon user dari lulusan Stiamak. “Untuk mendorong penyerapan kerja dari para lulusan Stiamak, anak usaha Pelindo III yang bergerak di jasa penyediaan tenaga kerja, Pelindo Daya Sejahtera (PDS), sudah siap untuk turut menyalurkan lulusan tersebut,” ungkap Tarjono lagi.

Kualitas pendidikan kepelabuhanan di Stiamak terus ditingkatkan. Tahun ini akan didatangkan mesin simulator untuk melatih operator alat bongkar muat RTG (Rubber Tyred Gantry) dan CC (Container Crane). Selain kuliah di kelas, peserta didik Stiamak juga berkesempatan untuk port visit ke beberapa pelabuhan dan unit bisnis Pelindo III. Seperti belum lama ini siswa penerima beasiswa dari Pelindo III, Putra Putri Daerah angkatan II melihat langsung proses bisnis di Pelabuhan Tanjung Emas dan Terminal Peti Kemas Semarang, Jawa Tengah.

Source Pelindo III Dorong Penyediaan SDM Kepelabuhanan

Leave A Reply

Your email address will not be published.