Pelindo III dan Prancis Tingkatkan Hubungan Dagang

31

10 Maret 2016

Semarang – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III berupaya meningkatkan hubungan dagang dengan Prancis baik ekspor maupun impor. “Beberapa kali kami sudah bertemu dengan staf kedutaan Prancis dan saat ini dilanjutkan dengan adanya kunjungan Kedutaan Besar Prancis ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” kata Direktur Utama PT Pelindo III Djarwo Surjanto di sela kunjungan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kamis.

Menurut dia, pada kunjungan Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia ingin mencoba meningkatkan hubungan dagang antara perancis dengan Indonesia. “Terkait dengan kerja sama ini Pelindo III Surabaya sudah memulai hubungan tersebut dengan satu perusahaan Prancis. Kami ingin kerja sama ini tidak hanya melibatkan Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya tetapi juga dengan pelabuhan lain di bawah Pelindo III salah satunya Tanjung Emas,” katanya.

Menurut dia, dipilihnya Pelabuhan Semarang untuk dikunjungi oleh Kedutaan Besar Prancis karena akhir-akhir ini pertumbuhan sektor industri manufaktur di Jawa Tengah cukup baik. “Terjadi pergerakan cukup banyak dari Jawa Barat dan Jakarta ke Jateng untuk berinvestasi, jadi mereka ingin melihat bagaimana perkembangan industri di Jateng secara langsung,” katanya. Sementara itu, pada kunjungan tersebut Kedutaan Besar Prancis juga ingin melakukan kerja sama salah satunya investasi.

“Tadi mereka tanya mengenai ‘power plan’, mereka bertanya tentang itu karena teknologi di Prancis cukup maju sehingga mereka ingin menawarkan teknologi yang dimiliki kepada kita,” katanya. Pihaknya berharap, kunjungan tersebut dapat diikuti oleh negara-negara lain yang juga mulai melirik Pulau Jawa sebagai lokasi untuk berinvestasi di antaranya Korea, Tiongkok, dan Jepang.
Editor: Mahmudah.

Source Pelindo III dan Prancis Tingkatkan Hubungan Dagang

Leave A Reply

Your email address will not be published.