Pelindo III dan KSOP Cilacap Sosialisasikan Konsesi

11

05 April 2016

Cilacap  PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III selaku operator pelabuhan berkoordinasi dengan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kabupaten Cilacap selaku regulator mengadakan sosialisasi pelaksanaan perjanjian konsesi antara regulator dengan operator (Badan Usaha Pelabuhan (BUP)) kepada seluruh Perusahaan Bongkar Muat (PBM) di Pelabuhan Tanjung Intan, Selasa (5/4). Sosialisasi tersebut untuk mencapai persamaan persepsi tentang kegiatan pengusahaan di pelabuhan yang diusahakan oleh Pelindo III serta pelaksanaan perjanjian dan membahas hal-hal lain terkait dengan perjanjian konsesi tersebut.

Kepala KSOP Kelas II Kabupaten Cilacap, Anasro Amin, menyampaikan harapan bahwa koordinasi antara regulator dan operator dapat diperkuat untuk standarisasi dan harmonisasi dalam pelaksanaan peraturan dan ketentuan di berbagai unit dan wilayah operasi. Sesuai dengan surat Dirjen Hubla yang menugaskan Kepala Otoritas Pelabuhan Utama untuk menandatangani perjanjian konsesi pengusahaan kepelabuhanan dengan BUP PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, dan IV (Persero) dan bertindak atas nama Penyelenggara Pelabuhan pada pelabuhan yang diusahakan pada wilayah kerja Penyelenggara Pelabuhan yang dikoordinasikan oleh Otoritas Pelabuhan.

General Manager Pelindo III Tanjung Intan, Fariz Hariyoso, menjelaskan bahwa pelaksanaan perjanjian konsesi mencakup kegiatan pengusahaan berupa kegiatan penyediaan dan/atau pelayanan jasa kepelabuhanan yang meliputi penyediaan dan/atau pelayanan jasa kapal, penumpang dan barang serta jasa terkait dengan kepelabuhanan dengan area konsesi adalah wilayah terminal dan fasilitas pelabuhan eksisting milik Pelindo III yang telah diusahakan untuk kegiatan pelayanan jasa kapal, barang dan penumpang.

Pendapatan konsesi sebesar 2,5% per tahun dari pendapatan bruto atas pelayanan jasa kepelabuhanan di terminal,” jelas Fariz.

Fariz menambahkan bahwa pembayaran pendapatan konsesi tersebut dibayarkan atas pendapatan jasa pelayanan kapal, barang dan penumpang di masing-masing cabang dan pihak lain yang akan melaksanakan kegiatan jasa kepelabuhanan di area konsesi wajib bekerjasama dengan Pelindo III.

”Pendapatan ini merupakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang nantinya bukan masuk ke kas Pelindo III ataupun KSOP melainkan langsung masuk ke kas Negara,” tegas Fariz.

Sedangkan jangka waktu konsesi adalah 30 tahun sejak perjanjian ditandatangani, namun jangka waktu ini akan diperpanjang selama area konsesi digunakan sebagai fasilitas pelabuhan dan Pelindo III masih menyelenggarakan pelabuhan tersebut sesuai dengan PP No 58/1991 tentang Pendirian Pelindo III. Dia akhir acara, diadakan sesi tanya jawab oleh seluruh tamu undangan yang hadir sehingga seluruh tamu undangan yang hadir dapat benar-benar memahami tentang penerapan konsesi yang berlaku di lingkungan Pelabuhan Tanjung Intan.

Source Pelindo III dan KSOP Cilacap Sosialisasikan Konsesi

Leave A Reply

Your email address will not be published.